Definisi dan Pengertian Pubertas Dini

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pubertas dini adalah masa dimana seseorang anak yang mengalami suatu perubahan fisik dan psikis dan adanya perubahan pada fungsi organ seksualnya. Masa Pubertas ini dalam kehidupan kita biasanya dimulai dari anak-anak yang berumur 8 hingga 10 tahun dan berakhir lebih kurang pada usia anak 15 sampai 16 tahun.

Karena pada masa ini anak-anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang akan berlangsung dengan sangat cepat. Contohnya pada wanita pubertas ini ditandai dengan menstruasi pertama (manarcheae) sedangkan bagi anak laki-laki akan ditandai dengan mimpi basah. Adanya pubertas dini pada remaja.

Penyebab pubertas ini yaitu adanya bahan kimis (DTT) sendiri. Dan (DDE) ini mempunyai efek yang memang mirip dengan hormon estrogen. Hormon estrogen ini diketahui memang sangat berperan dalam pengaturan perkembangan seks pada wanita. Kondisi pubertas ini dapat dipicu oleh hormon gonadotropin (GnRH) yang dilepaskan otak.

Hormon-hormon inilah yang akan menunjukan perubahan pada bentuk dan fungsi dalam pubertas. Pada pubertas sentral kelainan yang terjadi memang murni karena disebabkan oleh pelepasan hormon GnRH yang terlalu dini oleh otak. Sedangkan produksi hormon seks estrogen dan progesteron mengalami peningkatan. Jenis kedua ini lebih jarang terjadi karena hanya 2 dari 10 penderita pubertas dini yang dapat mengalaminya. Disisi lain ada perubahan yang memang sering dianggap mirip dengan gejala pubertas dini yaitu seperti tumbuhnya pembesaran pada payudara dini dan tumbuhnya rambut pada kemaluan atau pada rambut diketiak dini. Meskipun kondisi ini dianggap mencemaskan akan tetapi sebenarnya kedua gejala ini bukanlah mutlak menandakan pubertas dini. Namun kondisi ini akan tetap perlu dievaluasi lebih lanjut.

Ada Gejala pada Pubertas Dini

Gejala atau tanda pubertas dini memang sama saja dengan gejala pubertas pada umumnya. Akan tetapi  gejala-gejala ini terjadi jauh lebih awal  yaitu pada seorang anak yang berumur sebelum 8 tahun pada perempuan dan 9 tahun pada anak  laki-laki. Adapun Tanda-tanda yang  muncul antara seperti:

  1. Munculnya jerawat pada daerah muka
  2. Adanya pertumbuhan tubuh anak yang kebih cepat
  3. Bau badan anak menjadi seperti orang dewasa
  4. Adanya pertumbuhan pada rambut kemaluan atau pada ketiaknya

Biasanya pada laki-laki gejala-gejala ini ditambah dengan adanya perubahan suara yang lebih berat lagi adanya pertumbuhan kumis serta testis, penis atau juga skrotum yang membesar. Sedangkan pada anak perempuan gejala khusus lainnya antara lain yaitu mengalami menstruasi pertama dan perubahan pada payudaranya,

Itulah definisi dan pengertian dari pubertas dini yang perlu anda ketahui, perubahan yang akan terjadi pada anak-anak anda, agar anda dapat menangani dan  memperhatikan perubahan pada anak-anak anda.semoga informasi ini bermanfaat. (NLT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here