Definisi dan Tanda Gejala Seseorang Mengalami Psikosomatis

0
4
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Psikomatis merupakan penyakit yang sering dianggap sebagai penyakit yang aneh, sebab penderitanya akan merasakan keluhan namun secara medis fisik anda tidak memiliki penyakit atau dalam keadaan yang normal dan sehat.

Psikomatis berasal dari kata “pyscho” yang berarti pikiran dan “soma” yang memiliki arti tubuh atau fisik. Dari kata tersebut dapat disimpulkan bahwa psikomatis adalah keluhan fisik yang disebabkan atau diperburuk oleh faktor psikologis atau pikiran.

Penyakit psikomatis merupakan penyakit fisik yang disebabkan oleh program pikiran negatif dan atau masalah emosi seperti stress, depresi, kecewa, kecemasan, rasa berdosa, dan emosi negatif lainnya. Semakin mengkhawatirkan lagi, penyakit psikomatis ini tidak hanya menyerang orang dewasa saja. Namun anak-anak juga memiliki kemungkinan untuk terserang gangguan psikomatis.

Gejala yang dapat muncul jika seseorang terkena gangguan psikomatis bermacam-macam pada seseorang, tapi pada umumnya gejala yang dialami seseorang yang terkena psikomatis meliputi:

  1. Sakit perut

Jika psikomatis sudah menyerag maka seseorang akan mengalami penurunan nafsu makan, mual dan diare yang umumnya akan mereka alami. Apabila itu sudah terjadi, biasanya akan disusul dengan sakit perut pada bagian atas. Namun, saat dokter memeriksa bagian perut yang sakit, biasanya dokter tidak akan menemukan masalah serius pada perut anda.

  1. Sakit kepala

Orang yang terkena psikomatis akan merasakan kecemasan. Cemas yang anda rasakan tersebut akan berdampak pada sisi emosional dan fisik. Dampak fisik yang bisa dirasakan adalah adanya sakit kepala secara berulang-ulang.

  1. Kepanikan

Gejala lain dari psikomatis adalah merasa panik. Mereka akan merasa panik dan juga cemas yang mana akan mengakibatkan gejala lain seperti jantung yang berdegup kencang, sulit bernafas, nyeri dada, pusing serta berkeringat. Saat kepanikan yang anda rasakan sudah tidak terkendali, maka harus hati-hati karena berpotensi menjadi agoraphobia, yaitu ketakutan pada tempat yang ramai.

  1. Kelelahan

Munculnya gejala-gejala di atas dapat membuat anda merasa tertekan. Tekanan yang kuat tersebut akan membuat anda merasa kelelahan yang luar biasa. Kelelahan yang dirasa juga dapat berdampak kepada penderita psikomatis berupa kesulitan untuk berkonsentrasi, mudah mengantuk dan pelupa.

  1. Gejala lain

Gejala lain yang umum dirasakan seseorang dengan psikomatis tapi tidak termasuk di atas, yaitu seperti lemas atau tidak dapat menggerakkan anggota tubuh sama sekali, susah tidur, nyeri ulu hati atau bahkan nyeri seluruh tubuh. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY