Definisi Hormon Progesteron dan Peran Serta Fungsinya pada Wanita

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Progesteron merupakan salah satu hormon yang terdapat di sistem reproduksi wanita. Progesteron termasuk hormon steroid yang dibuat oleh korpus luteum ovarium pada ovulasi dan dalam jumlah yang lebih kecil oleh kelenjar adrenal. Progesteron memiliki jumlah atom sebanyak 21 atom karbon yang jumlahnya juga lebih banyak dari estrogen yaitu 19 atom.

Progesteron adalah prekursor atau zat yang sebagian besar hormon steroid lainnya berasal, termasuk kortisol, androstenedion, estrogen dan testosteron. Sebagai hormon yang penting bagi sistem reproduksi, progesteron memiliki beberapa fungsi serta peran yaitu:

  1. Sebagai prekursor pada sintesis steroid hormon

Sintesis steroid hormon merupakan suatu proses yang melibatkan serangkaian perubahan senyawa kimia di dalam tubuh. Hormon yang terdapat pada proses tersebut meliputi testosteron, etrogen dan kortikosteroid serta progesteon. Dari proses terebut progesteron merupakan yang paling awal dibentuk sehingga digunakan sebagai prekursor. Oleh karena itu pria juga memiliki hormon progesteron yang digunakan untuk menjadi prekusor sintesis testosteron.

  1. Membantu mempersiapkan kehamilan

Proesteron sangat membantu wanita pada saat mempersiapkan kehamilan sebab sekresi progesteron di uterus merangsang sel-sel rahim agar mempersiapkan kehamilan dengan adanya zigot yang akan terbentuk melalui proses fertilisasi (proses pembuahan). Selain itu, progesteron juga akan memelihara dinding endometrium tetap kuat demi persiapan kehamilan.

  1. Merangsang pertumbuhan kelenjar mamae

Hormon progesteron juga memiliki peran penting pada kesehatan payudara atau mamae. Progesteron membantu dalam proses pertumbuhan dan perkembangan kelenjar mamae namun tidak dalam pengeluaran ASI.

  1. Memelihara endometrium selama kehamilan

Pada wanita hamil, progesteron akan mengalami peningkatan produksi lebih banyak. Hal itu terjadi agar progesteron mampu berfungsi untuk melindungi ketahanan endometrium dalam menjaga janin dan juga mencegah terjadinya keguguran pada ibu hamil.

  1. Memiliki pengaruh sekresi hormon reproduksi lainnya

Tinggi rendahnya produksi progesteron ternyata juga akan mempengaruhi kadar hormon reproduksi lainnya. Seperti progesteron yang tinggi maka akan menekan sekresi hormon FSH dan estrogen. Sebaliknya jika progesteron menurun maka akan melepaskan hormon FSH dan estrogen.

  1. Berfungsi untuk mempengaruhi menstruasi

Progesteron sangat terkenal sekali dengan perannya dalam mempengaruhi siklus menstruasi wanita. Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa progesteron berfungsi untuk menjaga kekukuhan endometrium, namun pada menstruasi progesteron akan menurun sehingga endometrium runtuh, sel-sel fagosit akan menghancurkan secara bertahap dinding-dinding ini dan keluar bersama ovum yang tidak dibuahi atau disebut juga menstruasi. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here