Definisi, Penyebab, Gejala dan Penanganan Gangguan Mulut atau Mucocele

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pernah mendengar nama penyakit mucocele? Meski terdengar asing, namun bisa saja di antara pembaca justru pernah atau sedang menderita penyakit ini. Lantas apa yang dimaksud dengan penyakit mucocele? Bagaimana gejala dan penanganannya?

Definisi penyakit mucocele

Seperti yang diketahui jika penyakit di rongga mulut tidak hanya sebatas pada gigi, namun juga munculnya benjolan. Benjolan pada rongga mulut bisa terjadi di bagian bawah, atas, ataupun bawah lidah. Hal itu merupakan salah satu jenis gangguan mulut yang diistilahkan mucocele.

Mucocele (Myoo-koh-seal) merupakan suatu benjolan yang terjadi di dalam mulut. Hal tersebut dapat muncul apabila kelenjar ludah tersumbat atau terluka. Gangguan Mucocele diakibatkan trauma pada kelenjar ludah. Kondisi tersebut menyebabkan kelenjar ludah tidak mampu mengalir sebagaimana mestinya, sehingga menjadi benjolan yang berisi air.

Penyebab munculnya Mucocele

Seperti yang diketahui jika setiap orang memiliki banyak kelenjar ludah pada mulut yang menghasilkan ludah. Ludah tersebut mengandung lendir, enzim, dan air. Kemudian ludah akan dikeluarkan dari kelenjar ludah lewat saluran kecil yang bernama duct (pembuluh).

Hanya saja masalah bisa muncul apabila salah satu dari saluran ini terpotong. Situasi itu menyebabkan ludah mengumpul pada titik yang terpotong, kemudian menyebabkan pembengkakan (mucocele). Umumnya berbagai kasus mucocele muncul pada bagian dalam bibir bawah, namun ada juga ditemui di bagian lain dalam mulut termasuk langit-langit atau dasar mulut.

Pembengkakan ini juga bisa terjadi pada saluran ludah (duct) yang mengalami penyumbatan, sehingga ludah mengumpul di dalam saluran. Apabila pembengkakan terjadi akibat submandibular duct, maka mucocele itu dinamakan ranula. Sebuah ranula dapat memiliki ukuran yang besar dan muncul pada bawah lidah.

Gejala mucocele 

Seseorang yang mengalami mucocele tidak merasakan sakit yang berlebihan. Meski demikian tetap saja munculnya benjolan cukup mengganggu, terutama ketika sedang berbicara atau makan. Gejala utama seseorang menderita mucocele adalah munculnya benjolan pada rongga mulut yang bisa terjadi di bagian bawah, atas, ataupun bawah lidah.

Mucocele yang dangkal dapat pecah sendiri serta menghasilkan cairan berwarna kekuning-kuningan. Sementara mucocele  yang posisinya lebih dalam dapat bertahan lama. Bagi seseorang yang memiliki benjolan di sekitar rongga mulut, ada baiknya sesegera mungkin memeriksakan diri ke dokter agar diberikan penanganan medis.

Penanganan mucocele

Terkadang penyakit mucocele mampu sembuh, meski tanpa dioperasi. Namun jika dibiarkan tanpa perawatan bisa saja meninggalkan luka parut pada area munculnya mucocele. Alhasil banyak ahli medis yang menyarankan agar mucocele diangkat dengan bedah ataupun laser.

Pembedahan pun juga harus melihat kondisi penyakit, karena jika tanpa perhitungan bisa saja menyebabkan munculnya mucocele lain. Beberapa ahli medis akan melakukan injeksi corticosteroid sebelum melakukan pembedahan. Langkah ini terkadang mampu mengempiskan pembengkakan. Apabila cara ini sudah berhasil, maka penderita tidak perlu dilakukan pembedahan untuk mengobati mucocele. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here