Deretan Manfaat Olahraga Lari Bagi Orang Gemuk

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tetap aktif bergerak merupakan salah satu cara untuk menjaga mobilitas selama hidup. Oleh karena itu, tidak ada alasan untuk tidak bergerak bagi semua orang, termasuk orang bertubuh gemuk.

Tubuh yang aktif bergerak bisa berupa aktivitas sehari-hari atau berolah raga rutin. Nah, orang yang bertubuh gemuk bisa menjalankan olahraga lari untuk menunjang kesehatan karena memiliki sederetan manfaat. Berikut adalah sejumlah manfaat lari, khususnya bagi orang gemuk:

  • Membangun kepercayaan diri

Sebagian besar orang yang berbadan gemuk cenderung tidak percaya diri, terutama wanita. Inilah yang membuat banyak orang enggan melakukan olahraga lari karena takut menjadi perhatian orang di sekitarnya. Padahal dengan berlari, tubuh akan membakar kalori lebih banyak, termasuk dari lemak tubuh yang berlebihan. Semakin baik hasil yang didapatkan dari olahraga ini, tentu membuat lebih percaya diri dan semangat untuk terus berolah raga.

  • Sehat dan mudah dilakukan

Lari tidak membutuhkan alat khusus dan dapat dilakukan di mana saja, bahkan di halaman rumah atau lapangan. Yang perlu dilakukan hanyalah pemanasan sebelumnya, menyiapkan handuk untuk menyeka keringat, dan air minum agar tubuh tetap terhidrasi. Selain itu, lari juga menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah tetap normal sehingga menurunkan risiko orang berbadan gemuk terkena penyakit jantung.

Tak hanya itu, menurut studi, untuk seseorang yang mengalami kesulitan menjadikan olahraga sebagai rutinitas tetap, maka melakukannya di pagi hari merupakan salah satu pilihan terbaik. Olahraga pagi hari juga sangat menguntungkan karena tidak terganggu oleh kesibukan sehari-hari. Olahraga yang relatif mudah dilakukan di pagi hari, ya, lari.

  • Meringankan gangguan tidur

Olahraga lari dapat meningkatkan kualitas tidur. Kualitas tidur yang buruk akan memengaruhi hormon tertentu dalam tubuh yang memengaruhi nafsu makan. Kebutuhan tidur yang cukup akan memperbaiki keseimbangan hormon sehingga tubuh mampu mengendalikan nafsu makan.

Sebuah studi mengungkap, wanita usia 50-75 tahun dengan berat badan berlebih yang berolah raga pagi sekitar 60 menit per minggu, tidur lebih baik jika dibandingkan yang tidak berolahraga pagi. Sebaliknya, olahraga pada sore hari, justru dapat membuat tidur semakin sulit.

Meski berlari adalah olahraga yang paling sederhana, namun bukan berarti bebas dari risiko cedera maupun kesehatan lainnya. Jika mengalami obesitas dan belum terbiasa melakukan olahraga penuh stamina ini, sebaiknya Anda menemui dokter terlebih dahulu.

Selain itu, jika tujuan utama Anda adalah untuk mengurangi berat badan, kombinasikan olahraga lari dengan pola makan sehat. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahu jumlah kalori yang harus dimakan setiap hari, jenis makanan yang harus disantap, jumlah air dan mineral yang harus diminum dan sebagainya. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here