Dermatographia

Definisi

Dermatographia adalah suatu kondisi juga dikenal sebagai penulisan kulit (skin-writing). Ketika orang-orang dengan dermatographia ringan menggaruk kulit mereka, goresan pada kulitnya memerah menjadi wheal yang menonjol mirip dengan gatal-gatal. Tanda ini biasanya hilang dalam waktu 30 menit.

Penyebab dermatographia tidak diketahui, tetapi kondisi umumnya timbul pada mereka yang memiliki infeksi, gangguan emosional atau mengkonsumsi obat seperti penisilin.

Kebanyakan orang yang menderita dermatographia biasanya tidak memerlukan pengobatan. Jika tanda-tanda dan gejalanya sangat mengganggu, dokter mungkin merekomendasikan obat alergi seperti diphenhydramine (Benadryl).

Gejala

Tanda dan gejala dermatographia, antara lain:

  • Garis merah menonjol
  • Pembengkakan
  • Peradangan
  • Bekas pada kulit yang menyerupai gatal
  • Gatal Tanda-tanda dan gejala dermatographia muncul beberapa menit setelah kulit digosok atau tergores dan biasanya hilang dalam waktu 30 menit. Terkadang, pada sebagian orang dermatographia berkembang lebih lambat dan berlangsung beberapa jam sampai beberapa hari. Dermatographia dapat berlangsung selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun.

Kapan Anda Harus ke Dokter?

Temui dokter jika tanda-tanda dan gejala dermatographia mulai mengganggu.

Penyebab

Penyebab pasti dermatographia tidak diketahui. Kondisi ini mungkin disebabkan oleh reaksi alergi, namun belum ada alergen spesifik yang teridentifikasi menimbulkan tanda dan gejala dermatographia.Hal-hal sederhana dapat memicu gejala dermatographia. Sebagai contoh, gesekan antara kulit dengan pakaian atau seprei dapat menyebabkan iritasi kulit. Kadang-kadang, dermatographia didahului oleh infeksi, gangguan emosional atau penggunaan obat seperti penisilin.

Faktor Risiko

Dermatographia dapat terjadi pada semua usia, tetapi lebih sering ditemui pada golongan remaja dan dewasa muda. Jika Anda memiliki kondisi kulit lainnya, seperti kulit kering atau dermatitis, Anda mungkin lebih rentan terkena dermatographia. Setiap kondisi kulit yang menimbulkan dorongan atau kebiasaan menggaruk dapat meningkatkan risiko terkena dermatographia.

Komplikasi

Dermatographia umumnya tidak berbahaya. Penyakit kulit ini tidak meninggalkan bekas permanen pada kulit dan hanya berupa gejala ringan.

Persiapan Sebelum ke Dokter

Anda bisa menghubungi dokter keluarga atau dokter umum untuk penanganan dermatographia. Namun, dalam beberapa kasus ketika Anda menelepon untuk membuat janji, Anda mungkin akan dirujuk segera ke dokter yang khusu menangani penyakit kulit ( dokter kulit ) atau ahli medis yang sudah berpengalaman mengatasi alergi.

Berikut ini beberapa informasi yang dapat membantu Anda mempersiapkan diri sebelum konsultasi.

Apa Yang Dapat Anda Lakukan?

Pada saat Anda membuat janji, pastikan untuk menanyakan apakah ada sesuatu yang perlu Anda lakukan sebelum konsultasi, seperti tidak konsumsi antihistamin selama beberapa hari sebelumnya.Anda mungkin perlu menuliskan beberap hal berikut:·        Tuliskan gejala yang Anda alami, termasuk yang mungkin tampak tidak berhubungan dengan alasan Anda menemui dokter.·        Tuliskan informasi kunci terkait kondisi kesehatan Anda, termasuk tekanan besar atau perubahan kehidupan yang Anda alami baru-baru ini.·        Buatlah daftar semua obat-obatan, vitamin atau suplemen Anda ambil.

Apa Yang Dapat Anda Harapkan dari Dokter?

Dokter akan menanyakan sejumlah pertanyaan, meliputi:·        Kapan Anda mulai mengalami gejala?·        Apakah gejala tersebut didahului oleh penyakit atau obat-obatan tertentu?·        Apakah gejala berlangsung terus-menerus atau hanya sesekali?·        Seberapa parah gejala Anda?·        Apakah Anda memiliki alergi? Terhadap apa?·        Apakah Anda memiliki kulit kering atau kondisi kulit lainnya?·        Apakah ada faktor yang tampaknya dapat meringankan gejala Anda?·        Apakah ada faktor yang tampaknya dapat memperburuk gejala Anda?

Tes dan Diagnosis

Dermatographia dapat didiagonosa dengan tes sederhana. Saat pemeriksaan, dokter akan akan menarik depressor lidah di kulit lengan atau punggung untuk melihat adanya kemerahan, garis bengkak atau bilur (wheal) yang biasanya muncul setelah beberapa menit.

Perawatan dan Obat-obatan

Gejala dermatographia biasanya hilang dengan sendirinya, dan umumnya tidak memerlukan pengobatan. Namun, jika kondisi parah atau mengganggu, dokter mungkin merekomendasikan obat antihistamin seperti diphenhydramine (Benadryl), fexofenadine (Allegra) atau cetirizine (Zyrtec).

Pencegahan

Untuk mengurangi ketidaknyamanan dan mencegah gejala dermatographia, cobalah tips ini :·        Menghindari iritasi kulit. Usahakan untuk tidak menggunakan sabun yang menimbulkan reaksi keras pada kulit. Jangan mengenakan pakaian yang terbuat dari bahan yang bersifat gatal, seperti wol. Hindari juga mandi air panas karena dapat memperburuk gejala.·        Jangan menggaruk kulit. Jika Anda menderita dermatographia atau kondisi kulit lainnya yang sering menimbulkan rasa gatal, cobalah untuk menghindari kebiasaan menggaruk. Menggaruk akan memperburuk kondisi.·        Menjaga kulit agar tetap lembab. Kulit kering cenderung menyababkan gatal. Jagalah kelembaban kulit dengan menggunakan lotion dan krim. Upayakan agar tubuh tetap terhidrasi dengan minum banyak air putih.