Diabetes Kehamilan

DEFINISI
Diabetes gestasionalterjadi selama kehamilan (kehamilan). Seperti jenis diabeteslainnya, diabetes gestasional mempengaruhi bagaimana sel-sel menggunakan gula (glukosa). Diabetesgestasional menyebabkan gula darah tinggi sehingga mempengaruhi kehamilan dan kesehatan bayi.

Komplikasi kehamilan memangmemprihatinkan, tapi ada kabar baik. Ibu hamil mengontrol diabetes gestasional dengan makan makanan sehat, berolahraga dan, jika perlu, minum obat. Mengontrol gula darah dapat mencegah terjadinya proses kelahiransulitdan membuat Anda dan bayi Anda sehat.

Pada diabetes gestational, gula darah akan kembali normal setelah melahirkan. Tapi jika Anda sudah menderita diabetes gestational, Anda berisiko diabetes tipe 2. Anda sebaiknyaterusbekerjasama dengan tim perawatan kesehatan Anda untuk memantau dan mengelola gula darah Anda.

GEJALA
Bagi kebanyakan wanita, diabetes gestasional tidak menampakkan tanda-tanda atau gejala.

Kapan harus kedokter?
Jika memungkinkan, lakukanperawatan kesehatansejakawal – ketika inginhamil – sehingga dokter dapat mengevaluasi risiko diabetes gestasional sebagai bagian dari rencana kesehatankelahiransecaramenyeluruh. Setelah Anda hamil, dokterakanmembahas diabetes gestasional sebagai bagian dari perawatan prenatal Anda. Jika Anda mengidap diabetes gestasional, Anda harusmelakukanpemeriksaanlebihsering. Inibiasanya terjadi selama tiga bulan terakhir masa kehamilan, saat dokter akan memantau tingkat gula darahdan kesehatan bayi Anda.

Dokter akan mengarahkan Anda ke tenagaprofesional kesehatan denganspesialisasidiabetes, seperti endokrinologi, seorang ahli diet terdaftar atau pendidik diabetes. Mereka dapat membantu Anda belajar mengelola tingkat gula darah selama kehamilan.

Untuk memastikan tingkat gula darah Anda telah kembali normal setelah bayi lahir, tim perawatan kesehatan akan memeriksa gula darah Anda tepat setelah melahirkan dan melakukannya lagi dalam enam minggu. Jika anda menderitadiabetes gestational, sebaiknyaAndamelakukanpengujiantingkatguladarahsecarateratur.

SeberapaseringAndaharusmelakukantesguladarahtergantungpadahasiltessetelahAndamelahirkan.

PENYEBAB
Para peneliti tidak mengetahui mengapa sebagian wanita menderita diabetes gestasional. Denganmengetahuipenyebab diabetes gestasionalakan membantu memahami bagaimana kehamilan mempengaruhi proses glukosa tubuh.

Tubuh mencerna makanan yang Anda makan untuk memproduksi gula (glukosa) yang masuk ke dalam aliran darah. Pankreas – kelenjar besar di belakang perut–meresponsnyamenghasilkan insulin. Insulin adalah hormon yang membantu glukosa mengalirdari aliran darah ke sel tubuh, dan digunakan sebagai energi.

Selama kehamilan, plasenta, yang menghubungkan bayi Anda dengan asupandarah, menghasilkan hormon tingkattinggilainnya. Hampir semuanya merusak kerja insulin dalam sel, meningkatkan gula darah. Selama kehamilan, peningkatan gula darah yang tidakterlalutinggisesudah makan adalah halnormal.

Ketika bayi tumbuh, plasenta memproduksilebihbanyak hormon yang memblokirinsulin. Pada diabetes gestational, hormon plasenta memicu kenaikan gula darah ke tingkat yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan kesejahteraan bayi. Diabetes gestasionalbiasanya menyerang selama paruh akhir kehamilan – kadang-kadang minggu ke-20, tetapi umumnya lebih.

FAKTOR RISIKO
Setiap wanita dapat terserang diabetes gestational, namun sebagian wanita memiliki risiko lebih besar. Faktor risiko untuk diabetes gestasional meliputi:

  • Usia lebih dari 25. Wanita yang berusia di atas25 lebih berisiko terserang diabetes gestasional.
  • Riwayat kesehatan pribadidankeluarga. Risiko terkena diabetes gestasionalmeningkat jika Anda menderita pradiabetes – peningkatan gula darah yang sedikitlebihtinggidapatmenyebabkandiabetes tipe 2 – atau jika anggota keluarga dekat, seperti orang tua atau saudara, mengidap diabetes tipe 2. Anda juga dapat terserang diabetes gestational jika Anda mengidapnya saat kehamilan sebelumnya, jika Anda melahirkan bayi yang beratnya lebih dari 9 pon (4,1 kilogram), atau jika bayi yang Anda lahirkan meninggal tanpa sebab jelas.
  • Kelebihan berat badan. Anda rentanterhadapdiabetes gestasional jika kelebihan berat badan secara signifikan dengan indeks massa tubuh (BMI) 30 atau lebih tinggi.
  • Ras non kulit putih. Untuk alasan yang tidak jelas, perempuan berkulit hitam, Hispanik, Indian Amerika atau Asia memiliki kemungkinan lebih besar terserang diabetes gestational.

Komplikasi
Kebanyakan wanita yang menderita diabetes gestasional melahirkan bayi yang sehat. Namun, diabetes gestasional yang tidak ditangani dengan hati-hati dapat menyebabkan kadar gula darah yang tidak terkontrol dan menyebabkan masalah bagi ibu dan bayi, termasuk kemungkinan diperlukannyaoperasicesar.

Komplikasi yang dapat mempengaruhi bayi Anda
Jika Anda menderita diabetes gestasional, bayi Anda mungkin berisiko:

  • Berat lahir berlebihan. Glukosa ekstra dalam aliran darah Anda melintasi plasenta, memicu pankreas bayi membuat insulin tambahan. Hal ini dapat menyebabkan bayi tumbuh terlalu besar (makrosomia). Bayi sangat besar – mereka yang beratnya 9pon atau lebih – dapat terjepit di jalan lahir, mengalami cedera kelahiran atau operasicesar.
  • Kelahiran premature dan sindrom gangguan pernapasan. Gula darah tinggi ibu dapat meningkatkan risiko persalinan dini. Dokter mungkin akan merekomendasikan persalinan dini karena bayinyabesar.
    Bayi yang lahir prematurdapat mengalami sindrom gangguan pernapasan – suatu kondisi yang membuat bayisulit bernapas. Bayi dengan sindrom ini memerlukan bantuan pernapasan sampai paru-paru mereka sempurna dan lebih kuat. Bayi dari ibu penderita diabetes gestasional dapat mengalami sindrom gangguan pernapasan meskipun tidak lahir prematur.
  • Gula darah rendah (hipoglikemia). Kadang-kadang bayi dari ibu yang mengidap diabetes gestasional memiliki gula darah rendah (hipoglikemia) saat lahir karena produksi insulin mereka tinggi. Hipoglikemiaparah dapat mengakibatkan kejang pada bayi. Segeralah disusui dan larutan glukosa intravena menormalkan kadar gula darah bayi.
  • Diabetes tipe 2 di kemudian hari. Bayi dari ibu yang menderita diabetes gestasional memiliki risiko lebih tinggi terkena obesitas dan diabetes tipe 2 di kemudian hari.

diabetes yang tidak diobati dapat mengakibatkan kematian bayi sebelum atau segera setelah lahir.

Komplikasi yang dapat mempengaruhi Anda
Gestational diabetes juga dapat meningkatkan risiko ibu dari:

  • Tekanan darah tinggi dan preeklampsia. Diabetes gestasional meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, serta, preeklampsia – komplikasi kehamilan yang menyebabkan tekanan darah tinggi dan gejala lainnya yang dapat mengancam kehidupan ibu dan bayi.
  • Diabetes masa depan. Jika Anda menderita diabetes gestasional, Anda mungkin akan mengalaminya lagi pada kehamilan selanjutnya. Anda juga memilikikemungkinanmengidap diabetes tipe 2 seiring bertambahnyausia. Namun, pilihan gaya hidup sehat seperti makan makanan sehat dan berolahraga dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2 di masa depan.

Dari para wanita dengan riwayat diabetes gestasional yang mencapai berat badan ideal mereka setelah melahirkan, kurang dari 1 dari 4 wanita akhirnya menderita diabetes tipe 2.

Persiapan sebelum kedokter
Anda akan mengetahui bahwa Anda mengidap diabetes gestasional dari hasil skrining rutin yang Anda lakukan selama kehamilan. Jika tes gula darah tinggi, Anda akan diminta menemui dokter. Anda juga harus rutin periksa ke dokter untuk memantau kehamilan Anda.

Berikut adalah informasi untuk membantu Anda mempersiapkan diri sebelum pergi ke dokter supa Anda mengetahui apa yang akan Anda konsultasikan degan dokter..

Apa yang dapat Anda lakukan

  • Mengetahui apakah ada larangan atau hal yang harus Anda lakukan sebelum diperiksa. Tanyakan terlebih dahulu apakah Anda harus berpuasa demi kerja darah atau melakukan hal lain untuk mempersiapkan tes diagnostik.
  • Tuliskan gejala yang Anda alami, termasuk yang tampaknya tidak terkait dengan diabetes gestasional. Anda mungkin tidak menampakkan gejala, tapi ada baiknya untuk mencatat apapun yang Anda alami yang tampaknya tidak biasa.
  • Tuliskan informasi pribadi yang penting, termasuk tekanan hebat atau perubahan yang terjadi dalam hidup Anda baru-baru ini.
  • Buatlah daftar semua obat, termasuk obat-obatan yang boleh diminum tanpa resep dokter dan vitamin atau suplemen yang Anda minum.
  • Ajak anggota keluarga atau teman, jika memungkinkan. Ia mungkin akan mengingat sesuatu yang Anda lewatkan atau lupakan.

Pertanyaanuntukdokter

Buatlah daftar pertanyaan untuk menghemat waktu Anda saat berkonsultasi dengan dokter. Untuk diabetes gestasional, beberapa pertanyaan dasar meliputi:

  • Apa yang bisa saya lakukan untuk mengontrol kondisi kesehatansaya?
  • Dapatkah Anda merekomendasikan seorang ahli diet atau pendidik diabetes yang dapat membantu saya merencanakan makanan, program latihan, dan strategi mengatasi?
  • Faktor apa yang akan menentukan apakah saya memerlukan obat untuk mengontrol gula darah saya?
  • Gejala apa yang mengharuskansaya mencari bantuan medis?
  • Apakah ada brosur atau bahan cetak lainnya yang saya dapat mengambil? Website apa yang Anda rekomendasikan?

Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan lain.

Apa yangdapat diharapkan dari dokter

Dokter cenderung akanmengajukan pertanyaan, terutama jika Anda barupertama kali periksa. Dokter akan bertanya:

  • Apakah Anda mengalami peningkatan rasa haus atau buang air kecil yang berlebihan? Jika demikian, kapan gejala ini dimulai? Seberapa sering Anda mengalaminya?
  • Pernahkah Anda memperhatikan gejala tidak biasa lainnya?
  • Apakah Anda memiliki orangtua atau saudara yang pernah didiagnosis diabetes?
  • Apakah Anda pernah hamil sebelumnya? Apakah Anda mengidap diabetes gestasional pada kehamilan Anda sebelumnya?
  • Apakah Anda memiliki masalah lain pada kehamilan sebelumnya?
  • Jika Anda memiliki anak-anak lain, berapa beratmerekasaatlahir?
  • ApakahberatbadanAndanaikdanturundrastispadasaattertentu??

Apa yang dapat Anda untuk sementara waktu
Anda dapat melakukanbeberapa langkah untuk mengendalikan diabetes gestasional segera
setelah Anda didiagnosis. Jika dokter menyarankan evaluasi lebih lanjut, segeralah pergi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Setiap minggu sangatberharga untuk Anda dan bayi Anda.

Ikuti saran dokter, dan jagalah kesehatanAnda. Makan makanan sehat, olahraga dan belajarlah sebanyak mungkin tentang diabetes gestasional

TES Dan DIAGNOSIS
Ahli medis belum menyepakati pedoman skrining untuk diabetes gestasional. Sebagianahliraguapakah skrining diabetes gestasional diperlukan jika usiaAnda lebih muda dari 25tahun dan tidak memiliki faktor risiko. Sebagianlainnya mengatakan bahwa skrining bagi wanita hamil adalah cara terbaik untuk mengidentifikasi kasus diabetes gestasional.

Kapan harusskrining

Dokter akan mengevaluasi faktor risiko Anda terhadap diabetes gestasional pada awal kehamilan Anda.
Jika Anda berisiko tinggi terhadapdiabetes gestational – misalnya, Anda massa tubuh (BMI) sebelum hamil adalah 30 atau lebih tinggi atau Anda memiliki ibu, ayah, saudara atau anak dengan diabetes – dokter akan melakukan uji diabetes pada awal pemeriksaan kehamilan.

Jika Anda berisiko rata-rata terhadapdiabetes gestasional, Anda harus melakukan tes skrining pada trimester kedua – antara 24 hingga 28 minggu kehamilan.

Skrining rutin untuk diabetes gestational

  • Tes tantangan glukosaawal. Anda akan minum larutan glukosa manis. Satu jam kemudian, Anda akan melakukan tes darah untuk mengukur kadar gula darah Anda. Tingkat gula darah di bawah 130-140 miligram per desiliter (mg / dL), atau 7,2-7,8 milimol per liter (mmol / L), biasanya dianggap normal pada tes tantangan glukosa, meskipun ini mungkin berbeda dengan klinik atau laboratorium. Jika kadar gula darah Anda lebih tinggi dari normal, itu berarti Anda memiliki risiko lebih tinggi terhadap diabetes gestasional. Anda perlumelakukan tes toleransi glukosa untuk menentukan apakah Anda dalam kondisi tersebut.
  • Tindak lanjut tes toleransi glukosa. Anda dimintaberpuasasatu malam, kemudian dilakukanpengukurantingkat gula darah. Selanjutnya Anda diminta minum larutanmanislainnya – yang satu ini mengandung konsentrasi glukosa tinggi – dan tingkat gula darah Anda akan diperiksa setiap jam selama tiga jam. Jika setidaknya dua dari pembacaan gula darah lebih tinggi dari normal, Anda akan didiagnosis menderita diabetes gestasional.

Jika Anda didiagnosis menderita diabetes gestasional
Dokter akan menyarankan Anda untuk sering periksa, terutama selama tiga Anda bulan akhir kehamilan. Selama pengujian ini, dokter akan memantau gula darah Anda. Dokter juga akanmeminta Anda untuk memonitor gula darah Anda sendiri setiap hari sebagai bagian dari rencana perawatan Anda.

Jika Anda mengalami kesulitan mengendalikan gula darah Anda, Anda mungkin perlu menggunakan insulin. Jika Anda memiliki komplikasi kehamilan lainnya, Anda memerlukan tes tambahan untuk mengevaluasi kesehatan bayi Anda. Tes ini menilai fungsi plasenta, organ yang memberikan oksigen dan nutrisi ke bayi dengan menghubungkan pasokan darah bayi dengan Anda.

Jika diabetes gestasional sulit dikontrol, ini dapat memengaruhi plasenta dan membahayakan pengiriman oksigen dan nutrisi ke bayi.

Dokter juga akan melakukan tes untuk memantau kesehatan bayi Anda selama masa kehamilan.

Tes gula darah paska melahirkan
Dokter akan memeriksa gula darah Anda setelah melahirkan dan memeriksanyalagi dalam enam sampai 12 minggu untuk memastikan bahwa tingkat gula darah telah kembali normal. Jika hasil tesnyanormal, Anda harus memeriksakan diri untuk mengetahui adanyarisiko diabetes setiap tiga tahun.

Jika tes selanjutnya menunjukkan adanya diabetes atau pradiabetes – kondisi di mana kadar gula darah Anda lebih tinggi dari normal, tetapi tidak cukup tinggi untuk dinyatakan diabetes – konsultasikan dengan dokter tentang meningkatkan upaya pencegahan atau memulai rencana penanganan diabetes.

PERAWATAN Dan OBAT-OBATAN
Penting untuk memantau dan mengontrol gula darah Anda untuk menjaga bayi Anda sehat dan menghindari komplikasi selama kehamilan dan persalinan. Anda juga akan ingin tetap memantau tingkat gula darah Anda di masa depan. Strategi pengobatanmeliputi:

  • Pemantauan gula darah. Ketika sedang hamil, tim dokter akan meminta Anda untuk memeriksa gula darah Anda4-5 kali sehari – pertama di pagi hari dan setelah makan – untuk memastikan tingkat guladarahdalam kisaran yang sehat. Hal ini mungkin terdengar tidak nyaman dan sulit, jikadipraktikkanakanlebihmudah. Untuk menguji gula darah, ambil setetes darah dari jari menggunakan jarum kecil (lancet), kemudian tempatkan darah pada strip tesyang dimasukkan ke meteran glukosa darah – perangkat untuk mengukur dan menampilkan tingkat gula darah. Tim perawatan kesehatan Anda akan memonitor dan mengendalikan gula darah Anda selama persalinan dan melahirkan. Jika gula darah Anda meningkat, pankreas bayi Anda dapat melepaskan insulintingkattinggi – yang dapat menyebabkan gula darah rendah pada bayi setelah lahir. Tindak lanjut pemeriksaan gula darah juga penting. Menderita diabetes gestational meningkatkan risiko menderita diabetes tipe 2 di kemudian hari. Mintalahtim perawatan kesehatan untuk memantau tingkat guladarahAnda. Memilikigaya hidup sehat, seperti pola makan yang sehat dan olahraga teratur, dapat membantu mengurangi risiko Anda.
  • Diet sehat. Makan jenis makanan yang tepat dalam porsi yang sehat adalah salah satu cara terbaik untuk mengontrol gula darah dan mencegah kenaikan berat badan yang terlalu banyak, yang dapat menyebabkan Anda memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap komplikasi. Dokter tidak menyarankan turunnya berat badan selama masa kehamilan – tubuh Anda bekerja keras untuk mendukung bayi Anda tumbuh. Tapi dokter dapat membantu Anda menetapkan berapa berat badan seharusnya berdasarkan berat badan Anda sebelum hamil. Diet sehat berfokus pada buah-buahan, sayuran dan biji-bijian – makanan yang memiliki nutrisi dan serat yang tinggidan rendah lemak dan kalori – dan sedikit karbohidrat, termasuk permen. Tidak ada diet tunggal yang tepat untuk setiap wanita. Anda mungkin ingin berkonsultasi dengan ahli diet terdaftar atau pendidik diabetes untuk membuat rencana makan berdasarkan berat badan Anda saat ini, sasaran berat badan kehamilan, tingkat gula darah, kebiasaan olahraga, pilihan makanan dan anggaran.
  • Olahraga. Aktivitas fisik secara teratur memainkan peran penting dalam rencana kesehatan setiap wanita sebelum, selama dan setelah kehamilan. Latihan menurunkan gula darah dengan merangsang tubuh untuk memindahkan glukosa ke dalam sel yang digunakan untuk energi. Olahraga juga meningkatkan sensitivitas sel-sel ‘terhadap insulin, yang berarti tubuh akan perlu memproduksi insulin lebihsedikituntuk mengangkut gula. Sebagai bonus tambahan, olahraga teratur dapat membantu meringankan beberapakeluhan umum kehamilan, termasuk nyeri punggung, kram otot, pembengkakan, sembelit dan sulit tidur. Olahraga juga dapat membantu Anda mempermudah persalinan. Jika dokter mengijinkan, lakukan olahraga ringan setiap hari. Jika Anda belum terbiasa aktif, mulailah perlahan-lahan dan bertambah secara bertahap. Berjalan, bersepeda dan berenang adalah pilihan yang baik selama kehamilan. Kegiatan sehari-hari seperti pekerjaan rumah tangga dan berkebun juga baik untuk dilakukan.
  • Pengobatan. Jika diet dan olahraga tidak cukup, Anda memerlukan suntikan insulin untuk menurunkan tingkatgula darah Anda. Antara 10 dan 20 persen wanita dengan diabetes gestasional memerlukan insulin untuk mencapai tingkat gula darah yang diharapkan. Beberapa dokter meresepkan obat pengontrol gula darah oral, sementara para dokterlain percaya bahwadiperlukanpenelitian lebih lanjut untuk menegaskan bahwa obat oral aman dan seefektif insulin suntik untuk mengendalikan diabetes gestasional.
  • Pemantauan ketat terhadap bayi Anda. Bagian penting dari rencana perawatan adalah observasi yang telititerhadap bayi Anda. Dokter dapat memantau pertumbuhan dan perkembangan bayi dengan ultrasound berulang atau tes lainnya. Jika bayi belum juga lahir pada tanggal perkiraan lahir – atau sebelumnya – dokter akan menginduksi persalinan. Melahirkan melewati tanggal perkiraan lahir dapat meningkatkan risiko komplikasi bagi Anda dan bayi Anda.

PENANGANAN Dan DUKUNGAN
Pasti berat untuk mengetahui bahwa Anda memiliki kondisi kesehatan yang dapat mempengaruhi kesehatan bayi Andayang belum lahir. Tapi langkah-langkah yang akan membantu mengontrol kadar gula darah Anda – seperti makan makanan sehat dan berolahraga secara teratur – dapat membantu menghilangkan stres dan memelihara bayi Anda dan membantu mencegah diabetes tipe 2 di masa depan. Olahraga dan nutrisi yang baik adalah hal yang manjur untuk kehamilan yang sehat serta hidup sehat – bagi Anda dan bayi Anda.

Anda akan merasa lebih baik jika Anda mengetahui sebanyak mungkin tentang diabetes gestasional. Carilah informasi dari tim perawatan kesehatan Anda. Bacalah buku dan artikel tentang diabetes gestasional. Bergabunglah dengan kelompok pendukung wanita dengan diabetes gestasional. Semakin banyak Anda tahu, semakin Anda merasa terkendali.

Pencegahan
Tidak ada jaminan bahwa diabetes gestational dapatdicegah- tetapi semakinsehatkebiasaan yang Anda lakukan sebelum kehamilan, semakin baik. Jika Anda sudah mengidap diabetes gestational, pilihan sehat berikutdapat mengurangi risiko mengidapnya lagi pada kehamilan berikutnya atau mengidap diabetes tipe 2.

  • Makan makanan yang sehat. Pilih makanan tinggi serat dan rendah lemak dan kalori. Fokus pada buah-buahan, sayuran dan biji-bijian. Berusahalah mencapai tujuan tanpa mengorbankan rasa atau nutrisi. Perhatikan ukuran porsi.
  • Tetap aktif. Berolahraga sebelum dan selama kehamilan dapat membantu melindungi Anda dari diabetes gestasional. Lakukanaktivitasringanselama 30 menitsetiaphari.
    Berjalan kaki setiap hari, bersepeda, berenang.

Jika Anda tidak dapat berolahragaselama 30 menit, lakukan olahraga dengan sesi pendek selama beberapa kali.Parkirlah kendaraan di tempat parkir yang jauh saat Anda berbelanja. Turun dari bus sebelum sampai di tujuan. Setiap langkah yang Anda ambil meningkatkan peluang Anda tetap sehat.

• sebelum Menurunkan kelebihan berat badan hamil. Dokter tidak menyarankan penurunan berat badan selama kehamilan. Tetapi jika Anda berencana untuk hamil, menurunkan berat badanterlebih dahulu dapat membantu Anda memiliki kehamilan sehat.

Fokus pada perubahan permanen kebiasaan makan Anda. Memotivasi diri sendiri dengan mengingat manfaat jangka panjang menurunkan berat badan, seperti jantung yang lebih sehat, lebih banyak energi dan meningkatkan harga diri.