Diet Alkaline Untuk Mempertahankan Keseimbangan pH Tubuh

SehatFresh.com – Dalam hal menurunkan berat badan, ada banyak cara yang dapat dilakukan, salah satunya dengan diet alkaline. Kelebihan dari diet alkaline ini adalah dapat memberikan tubuh yang ideal sekaligus membantu mencegah berbagai penyakit. Menurut rilis dari Honestly Healthy Alkaline Programme, diet alkaline lebih terfokus pada bagaimana agar makanan yang Anda konsumsi bisa menjaga pH tubuh agar tetap normal, yaitu 7,35 sampai 7,45.

Para ahli pendukung diet alkaline mengklaim bahwa ketika tubuh kelebihan asupan jumlah protein, gula, kafein dan segala macam jenis makanan yang diproses, maka tingkat pH tubuh menjadi terganggu, tubuh bisa menjadi kecanduan sehingga mengarah kepada peningkatan berat badan dan pengembangan berbagai penyakit. Dasar teori dari diet alkaline adalah tubuh menjadi sasaran “ideal” berbagai penyakit jika kondisinya bersifat asam. Oleh karena itu, tubuh membutuhkan makanan alkaline (bersifat basa) untuk dapat mempertahankan keseimbangan pH dalam darah.

Menurut seorang ahli nutrisi dari AS, Dr Elisabeth Phillips, keseimbangan adalah hal yang paling penting dalam program diet dalam diet alkaline. Dengan demikian, Anda tidak harus menghindari makanan yang mengandung asam, namun hanya perlu mengurangi porsinya. Bahan makanan yang dianjurkan untuk dihindari adalah makanan yang mengandung alkohol dan gula serta makanan olahan. Sebagai gantinya, Anda sebaiknya meningkatkan konsumsi buah dan sayuran.

Pada dasarnya, diet alkaline berbasis semua jenis makanan yang menghindari tambahan gula sehingga sangat baik untuk penurunan berat badan. Orang yang mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan menjalani diet buah dan sayuran dinilai memiliki risiko lebih kecil terkena penyakit kronis seperti hipertensi dan diabetes. Dalam hal ini, diet alkaline menekankan asupan buah dan sayuran segar yang juga terbukti mampu meminimalkan risiko penyakit kronis termasuk kanker.

Komposisi ideal untuk menjalankan metode diet alkaline adalah 70:30. 70% makanan yang dikonsumsi adalah makanan ber-alkaline. Makanan yang dianjurkan dalam hal ini adalah sayuran dan buah seperti bayam, melon, alpukat, pepaya, kacang-kacangan dan semangka. Sementara itu, sisanya (30%) adalah makanan asam. Diet alkaline ini menerapkan perhitungan tersendiri di mana perhitungannya lebih ditekankan pada jenis makanan yang diasup bukan pada jumlah kalorinya.

Meski diet alkaline merupakan salah satu diet populer di kalangan para artis Hollywood, bukan berarti diet ini mudah dilakukan oleh semua orang. Victoria Beckham dan Beyonce mungkin memang terlihat lebih cantik dan bugar dari sebelumnya, namun hal tersebut bukan serta merta karena diet alkaline saja, melainkan juga karena pola hidup sehat lain yang mereka terapkan. Untuk itu, sangat disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menjalani diet alkaline ini agar Anda mendapatkan hasil yang maksimal.

Sumber gambar : healthygrocerygirl.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY