Diet Dengan Beras Merah

SehatFresh.com – Beras merah sering dianjurkan sebagai pengganti beras putih bagi mereka yang ingin menjalankan program diet atau bagi mereka yang menderita. Beras merah yang diolah menjadi nasi merah telah diteliti memiliki lebih banyak nutrisi dibandingkan nasi putih. Apabila Anda ingin menjalankan diet makanan berserat tinggi, beras merah merupakan pilihan yang tepat. Beras merah yang kaya akan kandungan serat merupakan solusi bagi Anda yang ingin menjaga berat badan tetap ideal dan memiliki tubuh yang sehat.

Dibalik warna merahnya, beras merah menawarkan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Kandungan karbohidrat beras merah lebih rendah dibanding beras putih. Namun, beras merah dapat menghasilkan energi lebih banyak ketimbang beras putih. Karbohidrat kompleks dalam beras merah diserap oleh tubuh secara perlahan dan bertahap dalam tubuh. Beras merah juga rendah gula sehingga baik bagi penderita diabetes.

Kada vitamin, zat besi dan mineral dalam beras merah dua kali lebih banyak dibanding beras putih. Magnesium yang terkandung dalam beras merah sangat bagus untuk kesehatan tulang. Magnesium adalah nutrisi penting untuk menunjang kesehatan tulang. Kurangnya asupan magnesium dapat menyebabkan osteoporosis dan kepadatan tulang yang rendah di kemudian hari.

Serat pangan dalam beras merah menjadikan beras ini sebagai pilihan tepat untuk masyarakat modern yang terlalu banyak mengonsumsi bahan pangan sintetis (kimia). Kandungan serat yang tinggi pada beras merah dapat mencegah dan mengatasi gangguan pencernaan, seperti sembelit, perut kembung, menurukan kolestrol jahat dalam darah dan menurunkan kadar gula. Penderita hipertensi yang mengalami obesitas juga dapat merasakan manfaat beras merah yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Warna merah pada nasi merah adalah pigmen-pigmen antioksidan. Antioksoidan ini dapat mencegah oksidasi asam-asam lemak yang dapat memicu radikal bebas yang berpotensi menjadi kanker. Nasi merah juga memiliki kandungan thiamin atau vitamin B1 yang lebih tinggi. Vitamin ini sangat penting untuk metabolisme karbohidrat dan energy, serta dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengendalikan stres.

Dari berbagai nutrisi dan manfaat yang telah diuraikan, beras merah adalah alternatif pengganti nasi putih yang sarat akan nutrisi. Konsumsi beras merah yang disertai buah-buahan dan sayuran dapat membantu melindungi tubuh dari ancaman berbagai penyakit akibat gaya hidup yang semakin banyak ditemui saat ini.

Sumber gambar :  ayysa.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY