Diet Oatmeal untuk Menurunkan Berat Badan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bagi setiap orang yang mempunyai berat badan yang berlebihan pasti berfikir untuk menurunkan beratnya dengan membatasi makanan tertentu yang rendah lemak atau rendah kabohidrat. Dan tidak mudah untuk melakukan program diet ini sering kali seseorang itu gagal karena sakit akibat menahan makan atau karena faktor lainnya.  Nah artikel ini akan membahas tentang diet oatmeal. Diet ini tidak akan mengakibatkan anda kelaparan atau anda berusaha menahan makan. Perlu anda tahu diet oatmeal ini jenis diet yang mewajibkan anda untuk selalu rutin makan oatmeal.

Oatmeal ini berisi makaan olahan yang terbuat dari gandum utuh komposisi dalam oatmeal antara lain berisi karbohidrat 70%, putih telur 15%, lemak baik, zat besi, kalsium dan berbagai vitamin seperti vit B1, B6 dan vitamin E. Oatmeal juga mengandung banyak serat yang setara dengan 4 gram apel. Atau disajikan sebagai bubur gandum atau havermut. Setiap anda mengkonsumsi oatmeal ini sebagai hidangan pengganti kabohidrat dan dimakan setiap hari untuk pengganti makanan anda seperti biasanya.

Contoh di mulai dari anda serapan dengan bubur oats, lalu makan siang nya anda boleh mengkonsumsi lauk pauk dan pada makan malamnya anda tutup dengan makan bubur oats lagi rutin seperti itu setiap harinya. Hal tersebut juga tidak menghasilkan hasil yang instan anda perlu melalui beberapa tahapan untuk dapat menurunkan berat badan anda harus rutin mengganti makan besar anda dengan mengkonsumsi oatmeal sebagai makanan pengganti porsi makan besar anda yang mengandung kalori tinggi dengan cara mengurangi total kalori harian anda.

Pada umumnya setiap orang dewasa membutuhkan sekitar 1.200 sampai 1.600 kalori setiap harinya untuk dapat menurunkan berat badan mereka secara efektif. Dalam menurunkan berat badan 1-2 kilogram per minggu dengan diet oatmeal, anda mampu mengurangi 500-1000 kalori setiap harinya baik dengan makan porsi bsr ataupun porsi kecil dan tentu perlu diimbangi dengab gaya hidup sehat seperti berolahraga. Tetapi hati-hati jangan sampai anda terlalu banyak mengurangi kalori karena dapat memperlambat metabolisme tubuh anda.

 Bagaimana cara mengkonsumsi diet oatmeal

Jika anda melakukan diet oatmeal dapat di konsumsi selama 2 minggu, dan jika anda diwajibkan mengkonsumsi oatmeal selama 3 kali sehari untuk makan pagi, makan siang atau pun makan malam selama 7 hari pertama. Selama waktu itu anda hanya dapat diperbolehkan untuk mengkonsumsi bubur gandum utuh dan bukan oatmeal instan. Setelah minggu pertama terlewati mulailah anda untuk mengurangi frekuensi makan oatmeal menjadi 2 kali sehari yang di selingi boleh makan makanan yang berat asalkan dengan kalori tidak lebih dari 1.300 kalori. Perbanyaklah asupan buah dan sayur selama minggu ini. Dan anda boleh mengkonsumsi havermut instan.

Perlu anda ketahui juga resiko dari oatmeal

Jika anda melakukan dengan cara seperti yang telah dibahas diet ini mungkin akan berhasil dan rencana anda untuk menurunkan berat badan tidaklah sia-sia.  Karena diet oatmeal ini anda akan merasa cepat kenyang lebih lama berkat tingginya kandungan protein dan kabohidrat kompleks.  Tetapi disini ada beberapa risiko yang bisa saja dialami oleh seseorang saat menjalankan diet oatmeal.

Diet oatmeal bersifat mengekang. Wajar jika anda merasa bosan makan makanan yang itu-itu saja hampir dua minggu penuh, apalagi yang Anda makan hanyalah bubur. Kebosanan ini yang mungkin akan dapat menipiskan tekad yang pada akhirnya mungkin akan menyulitkan Anda untuk berkomitmen menurunkan berat badan, jika tergoda untuk menyerah atau melakukan cheat day berkali-kali. Selain itu diet oatmeal ini sangat rendah kalori dan lemaknya sehingga beberapa dokter mungkin menganggap jumlah asupan kalori dari diet ini akan terlalu rendah untuk disebut dengan diet sehat. Oleh karena itu anda perlu untuk mengimbangi dengan sedikit menaikan jumlah kalorinya. (NLT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here