Dr Ari Fahrial Syam : Dampak dan Efeknya Kebiasaan Langsung Tidur Setelah Sahur

0
6
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com #DokterTalk – Berpuasa, tidak lepas dengan kegiatan sahur dan juga berbuka. Waktu sahur yang masuk dalam waktu tidur kita, sering membuat mata susah untuk dibuka. Tidak hanya sebelum sahur, tapi sesudah sahur pun mata juga masih sangat ngantuk. Sehingga tidur lagi menjadi pilihan.

Kebiasaan ini ternyata tidak baik dan seharusnya ditinggalkan. Ada bahaya kesehatan yang mengintai jika Anda langsung tidur tepat setelah makan sahur. Hal ini diungkapkan oleh Dr Ari Fahrial Syam dari FKUI-RSUPN Cipto Mangunkusumo.

Dikutip dari Infoyunik, kebiasaan langsung tidur setelah sahur bisa memberikan efek buruk terhadap penceranaan. Kebiasaan ini akan menimbulkan kondisi yang disebut dengan refluks esofagus, yakni posisi tubuh saat tidur yang membuat makanan kembali ke atas yaitu ke tenggorokan dan mulut.

Hal ini mengakibatkan asam lambung terbawa oleh makanan tersebut. Akibatnya, kerongkongan akan terasa kering, panas, kadang membuat orang merasa mual, mulas dan ingin muntah. Kondisi ini semakin diperparah jika orang tersebut menderita penyakit maag.

Dalam kondisi kronis, asam lambung yang berbalik arah juga bisa mencapai ke saluran pernafasan. Inilah yang menyebabkan gastroesophageal reflux disease (GERD) yakni kondisi peradangan, kerusakan pada kerongkongan, paru-paru dan laring.  GERD ternyata berpotensi menyebabkan penyakit komplikasi mulai dari kangker kerongkongan hingga kematian.

Beberapa cara sehat yang disarankan untuk tetap bisa bertahan hingga pagi adalah tidur tidak terlalu larut malam dan bangun mendekati waktu akhir makan sahur. Sehingga tidak akan mengantuk jika harus bertahan hingga pagi hari.  Aktivitas menikmati udara pagi juga akan membuat tubuh semakin sehat, pasalnya pada pagi hari oksigen masih segar dan tidak bercampur dengan polusi udara.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY