Duduk Terlalu Lama Pengaruhi Kualitas Sperma

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa kemandulan tidak hanya disebabkan pada perempuan saja. Laki-laki juga mempunyai banyak peran dalam kegagalan kehamilan. Bagi laki-laki kegagaglan kehamilan di pengaruhi oleh kualitas sperma yang buruk.

Sperma yang buruk tak mampu membuahi sel telur, sehingga kehamilan susah didapatkan. Banyak faktor penyebab kualitas sperma buruk. Diantaranya adalah menduduki jok sepeda yang terlalu panas. Apa  benar duduk terlalu lama pengaruhi sperma?

Laki-laki sebagai calon ayah harus menjaga kesuburan. Salah satunya dengan menjaga kualitas dan kuantitas sel sperma. Terkadang tanpa kita sadari banyak di sekitar kita banyak terdapat pembunuh sperma mulai dari air panas, zat-zat kimia, sampai kebiasaan sehari-hari pun dapat menyebabkan masalah tersebut.

Menurut dr. Prima Progrestian, Sp.OG sperma yang abnormal merupakan penyebab utama gangguan kesuburan pasangan di Indonesia. Karena itu apa saja hal-hal yang bisa menyebabkan kualitas sperma kaum laki-laki ini.

  1. Zat Kimia BPA

Bahan kimia bisphenol (BPA) telah terbukti menyebabkan memburuknya kualitas sdan produksi sperma. Zat kimia yang sering dipakai dalam plastik furniture dsn juga tinta kertas ini juga menyebabkan gangguan hormon pada anak laki-laki. Para ahli percaya sumber terbesar BPA ada pada kemasan kaleng makanan. Maka dari itu pilihlah dengan makanan segar setiap hari.

  1. Pestisida

Pestisida yang digunakan untuk membasmi hama seringkali tertinggal di dalam daun atau kulit buah dan sayuran. agar kita selalu mencuci sayur dan buahan yang akan dikonsumsi dalam air mengalir.

  1. Duduk terlalu lama

Duduk terlalu lama juga demikian halnya dengan kebiasaan memakai celana yang ketat dan berendam di air panas akan menyebabkan temperatur testis meningkat, padahal suhu testis harus selalu sejuk ketimbang suhu tubuh. Jika suhu testis diatas normal maka produksi sperma yang sehat tidak akan optimal.

Duduk di jok panas setiap hari dapat menyebabkan kemandulan pada laki-laki. Hal ini terjadi karena jokyang panas akan menggangu kerja skortum atau testis yang mana sebagai penghasil sperma. Sehingga menghasilkan sperma yang tidak kuat dalam membuahi sel telur.

  1. Merokok

Terlalu lama menjadi perokok bukan hanya meningkatkan resiko terkena kanker tetapi juga mengubur harapan kaum laki-laki untuk menjadi seorang ayah. Selain menyebabkan impotensi asap rokok juga mempunyai ribuan zat kimi yang dapat merusak kualitas sperma.

  1. Obesitas

Jagalah berat badan dalam kondisi normal lewat olahraga karena penumpukan lemak di dalam tubuh akan mengganggu hormon testosteron hormon yang berpengaruh paling penting di dalam memproduksi sperma. Kendati demikian olahraga sebaiknya dilakukan sesuai dengan kemampuan. Penelitian menunjukan olahraga yang berlebihan akan menyebabkan tubuh mengeluarkan terlalu banyak hormon steroid yang berpengaruh pada kesuburan.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here