Efek Kekurangan Konsumsi Sayuran

SehatFresh.com – Sayuran merupakan asupan gizi yang harus dipenuhi, sebab kadungan yang terdapat di dalam sayuran sangat berguna untuk menjaga keseimbangan dan melengkapi gizi harian manusia. Seseorang terkadang tidak suka makan makanan yang banyak mengandung serat seperti buah dan sayuran, hal tersebut biasanya terjadi pada anak-anak. Anak-anak justru senang dengan jajanan-jajanan yang tidak sehat, seperti aneka snack yang mengandung bahan pengawet dari kimia. Sehingga orang tua pun harus memaksa anak untuk makanan yang mengandung serat tinggi.

Tidak hanya anak-anak saja, orang dewasa pun ada yang tidak suka makan buah atau sayuran. Jika Anda tidak pandai dalam mengatur pola hidup yang sehat, bisa saja Anda sembarangan dalam mengonsumsi makanan. Memilih makanan yang enak namun lupa memerhatikan kandungan gizi yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh.

Berikut ada beberapa efek dari kurangnya konsumsi sayuran dan serat:

  • Menyebabkan kadar gula dalam darah menjadi tidak stabil

Kurangnya konsumsi sayuran dan serat dapat membuat kadar gula di dalam darah menjadi tidak stabil. Hal ini dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes. Akibart dari kadar gula darah tidak stabil, maka kestabilan fungsi seluruh tubuh juga akan terganggu.

  • Sembelit

Sembelit adalah keadaan di mana kita susah buang air besar. Sembelit mengakibatkan rasa yang tidak nyaman, seakan perut terasa penuh dan sakit pada bagian lambung. Sembelit dapat dicegah dengan mengonsumsi sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan olahraga teratur. Cukupi konsumsi air, terutama air putih.

  • Mengalami kenaikan berat badan

Serat dan sayuran memiliki fungsi untuk mengikat lemak agar mudah dicerna dan di buang dari tubuh jika memang tidak diperlukan lagi. Ketika Anda kurang mengonsumsi sayur dan serat, maka lemak dalam tubuh akan mengalami kesulitan saat ingin dikeluarkan oleh tubuh.  Akhirnya mengendap dan mengalami kegemukan. Serat juga memiliki sifat yang mudah mengenyangkan, sehingga membuat nafsu makan kita lebih mudah di kontrol.

Sumber gambar : www.vemale.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY