Efek Penggunaan Bra Tidak Sesuai Ketat

0
179

SehatFresh.com – Bra merupakan pakaian dalam wanita yang berfungsi untuk melindungi payudara serta untuk menjaga bentuk payudara agar terlihat indah. Para ahli kesehatan memperingatkan tentang masalah kesehatan serius yang dapat dipicu karena penggunaan bra yang tidak sesuai. Bra yang tidak sesuai akan berpengaruh pada bahu dan dada sehingga memicu berbagai risiko kesehatan. Sebagian besar wanita lebih suka memakai bra dengan ukuran lebih kecil dari semestinya agar payudaranya terlihat lebih besar dan padat. Diperkirakan 80 persen wanita menggunakan bra dengan ukuran yang tidak sesuai dengan tubuh mereka. Ukuran bra yang salah bisa berakibat fatal pada kesehatan. Bra yang tidak sesuai dapat menimbulkan berbagai masalah seperti :

  1. Pernapasan terganggu

Jika bra terlalu ketat atau kerangka bawah bra tidak pas pada tulang dada, hal tersebut dapat membuat Anda susah bernapas. Tali bra yang meninggalkan bekas terlalu dalam mengindikasikan ukuran bra terlalu ketat. Kondisi ini akan mengikat otot-otot di bagian dada sehingga menimbulkan gangguan pernapasan.

  1. Gangguan pencernaan

Pemakaian bra yang ketat dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Hal ini dikarenakan aliran sistem pencernaan menjadi terhambat.

  1. Nyeri punggung

Bra tidak pas dapat meningkatkan risiko nyeri punggung. Tali bra yang terlalu kecil tidak cocok untuk pemilik payudara ukuran sedang dan besar. Jika Anda memakai tali bra yang terlalu tipis dan kecil, tekanan pada bahu dan lengan bagian atas menjadi lebih besar sehingga menimbulkan rasa nyeri dan kaku.

  1. Postur tubuh yang buruk

Pemakaian bra dengan ukuran yang tidak sesuai membuat daya topang payudara tidak sempurna. Jika dibiarkan, hal ini bisa memicu gangguan postur tubuh yang ditandai dengan ketegangan otot di sekitar dada, bahu, dan punggung. Bra terlalu ketat membuat Anda cenderung membungkuk. Jika Anda memiliki payudara ukuran sedang hingga besar, sangat penting untuk memilih bra yang dapat menopang dada dengan nyaman.

  1. Lecet

Bra yang ketat dapat menghambat sirkulasi darah dan oksigen ke bagian-bagian tubuh tertentu. Gesekan dari bra yang ketat juga dapat menyebabkan goresan dan lecet pada kulit. Jika Anda menemukan garis merah atau ruam merah setelah memakai bra, kemungkinan ada dua hal yang menyebabkan hal tersebut, yaitu bra terlalu sempit, atau material bra yang tidak halus sehingga menyebabkan ruam.

  1. Kanker payudara

Bra yang terlalu kecil dapat membatasi aliran getah bening pada payudara. Hal tersebut dapat meningkatkan timbunan racun dalam payudara yang mengarah ke pertumbuhan sel kanker.

  1. Sakit kepala

Pemakaian bra yang terlalu ketat dapat memicu gangguan sirkulasi darah sehingga menghambat pasokan oksigen ke otak. Kondisi inilah yang kemudian bisa menyebabkan munculnya sakit kepala. Percaya atau tidak, memakai bra yang terlalu ketat dapat menyebabkan sakit kepala seharian. Masalah ini disebabkan karena tekanan pada pundak, leher dan punggung menjadi lebih besar.

Memakai bra tidak ditujukan hanya sekedar untuk menutup payudara saja. Begitu pula dengan memilih bra, jangan hanya melihat bra dari segi bagusnya saja tanpa mempertimbangkan masalah kenyamanannya. Anda juga harus mempertimbangkan segi kesehatan payudara guna meminimalkan risiko kesehatan di kemudian hari.

Sumber gambar : panduanhidupsehat.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY