Efek Pengobatan Kanker Mempersulit Kehamilan

SehatFresh.com – Ada sejumlah risiko kesehatan jangka panjang terkait dengan perawatan kemoterapi dan radiasi untuk pengobatan kanker. Beberapa wanita menemukan bahwa pengobatan kanker memengaruhi atau merusak kesuburan mereka. Selain itu, komplikasi kesehatan akibat kanker dapat menghambat kemampuan untuk hamil atau membuat kehamilan menjadi terlalu berbahaya.

Ketika mengalami infertilitas, seorang wanita tidak bisa hamil atau mempertahankan kehamilan setelah satu tahun berupaya. Risiko infertilitas dari pengobatan kanker tergantung pada banyak hal seperti jenis kanker, usia dan status kesuburan sebelum perawatan. Durasi serta dosis kemoterapi atau radiasi, lokasi dan ruang lingkup operasi juga berdampak pada kesuburan. Secara khusus, pengobatan dapat menyebabkan :

  • Ovariumtidak lagi berisi pasokantelur yang sehat
  • Kerusakan pada sistem reproduksi, yang dapat menghambat keberhasilan pembuahan
  • Kerusakan pada sistemreproduksi, yang menempatkan kehamilan pada risiko bahaya

Tergantung pada jenis kanker yang pernah diderita, dokter mungkin akan meminta untuk menunggu antara tiga sampai lima tahun sebelum memulai program kehamilan. Jika Anda sudah terlanjur hamil, Anda perlu memonitor risiko kekambuhan kanker, dengan tidak melewatkan kontrol rutin. Sebagai contoh, jika pernah mengalami kanker payudara, Anda perlu mewaspadai perubahan payudara yang terjadi secara alami karena kehamilan.

Penderita kanker perempuan yang mencapai pubertas sebelum memulai pengobatan sering kali berhenti menstruasi selama perawatan. Namun, hal ini tidak selalu menjadi tanda ketidaksuburan. Karena periode biasanya kembali normal dalam waktu enam bulan setelah pengobatan selesai. Jika belum kembali dalam waktu satu tahun, mungkin ada kekhawatiran tentang infertilitas.

Kerusakan ovarium dapat terjadi dengan operasi panggul atau perut untuk kanker. Beberapa korban masih memiliki telur yang sehat dan memiliki peluang hamil yang besar setelah pengobatan tetapi mungkin berhadapan dengan masalah kehamilan berisiko tinggi karena memiliki masalah kesehatan lainnya (yang disebabkan oleh efek samping pengobatan atau karena hal lain).

Dampak perawatan kanker pada kesuburan mungkin awalnya tidak begitu jelas. Berikut ini adalah beberapa gejala yang mungkin mengindikasikan infertilitas tetapi bisa menjadi gejala dari kondisi medis lain juga :

  • Menstruasi tidak teratur
  • Mengalami hot flashes
  • Nyeri saat berhubungan seks
  • Ketika berhasil hamil, sering mengalami keguguran

Jika Anda sudah menyelesaikan pengobatan kanker dan berpikir untuk memulai program kehamilan, segera buatlah janji dengan tim perawatan kesehatan Anda untuk membahas hal ini. Jika Anda berada pada risiko mandul, dokter dapat memberi rujukan ke spesialis kesuburan untuk mendapat bantuan.

Sumber gambar : www.tribunnews.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY