Efek Positif dan Negatif Kopi Bagi Kesehatan Tubuh

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Menikmati segelas kopi di pagi atau sore hari, memang menjadi aktivitas yang cukup mengasyikan. Terlebih Indonesia yang memiliki kekayaan alam melimpah, memberikan banyak tawaran untuk aneka minuman kopi. Namun dibalik kenikmatannya, minuman kopi juga menyimpan dampak negatif bagi kesehatan tubuh. Penasaran, apa saja itu? berikut uraiannya!

Efek positif dari kopi

  1. Kopi dipercaya mampu mengurangi risiko seseorang terserang penyakit Alzheimer. Alzheimer merupakan sejenis penyakit penurunan fungsi saraf pada otak yang kompleks. Penyakit Alzheimer adalah keadaan dimana ingatan seseorang mengalami kemerosotan, sehingga penderitanya tidak mampu mengendalikan dirinya sendiri.
  2. Kopi dipercaya mampu mengurangi risiko seseorang terserang penyakit Parkinson. Parkinson merupakan penyakit degeneratif syaraf yang pertama kali ditemukan oleh Dr. James Parkinson pada tahun 1817.
  3. Kopi dipercaya mampu meningkatkan memori jangka pendek seseorang. Hal tersebut diakibatkan oleh kafein yang secara kimia bereaksi memberikan stimulus dan membantu dalam menangkap informasi yang diterima.
  4. Kopi dipercaya mampu membantu dalam meredakan sakit kepala seseorang. Hal tersebut dikarenakan kandungan kafein bisa membantu dalam meningkatkan efek obat-obatan yang memiliki fungsi menghilangkan rasa sakit sementara.
  5. Kopi dipercaya menjadi efektif antioksidan. Antioksidan diperlukan tubuh guna menetralisir radikal bebas, sekaligus mencegah kerusakan terhadap sel normal. Antioksidan berfungsi menstabilkan radikal bebas dengan melengkapi kekurangan elektron. Terdapat beberapa bentuk antioksidan antara lain mineral, vitamin, dan fitokimia. Berbagai macam antioksidan itu akan berkerja bersama untuk melindungi sel normal, sekaligus menetralisir radikal bebas di dalam tubuh.
  6. Kopi dipercaya sebagai diuretic yang baik. Minum kopi dapat menyebabkan seseorang lebih sering buang air kecil. Tentu saja kondisi tersebut bagus guna membantu tubuh dalam membuang zat-zat kotor.
  7. Kopi dipercaya mampu membantu seseorang mengurangi resiko terserang penyakit batu ginjal.

Efek negatif dari kopi

  1. Kopi dipercaya dapat mengakibatkan seseorang mengalami constipation atau susah dalam buang air besar.
  2. Kopi dipercaya dapat menyebabkan karang gigi atau gigi menjadi kuning, apabila mengonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.
  3. Kopi dipercaya dapat mengakibatkan peningkatan asam lambung. Meskipun dipercaya mempunyai banyak manfaat, namun kopi juga dikenal mampu meningkatkan kegelisahan seseorang. Mengkonsumsi kopi dalam dosis yang terlalu besar, tidak selamanya bisa diterima banyak orang. Terlebih tingkat keasaman kopi juga mampu merangsang keluarnya asam lambung yang berlebih dalam tubuh.

Kopi dipercaya dapat mengakibatkan gangguan mata. Gangguan pada mata dapat disebabkan oleh kafein, yakni zat utama yang terkandung dalam kopi. Gangguan mata itu juga diistilahkan exfoliation glaucoma. Meminum tiga cangkir kopi atau bahkan lebih dalam satu hari, dapat mengakibatkan peningkatan gangguan pada glaucoma. Terlebih bagi seseorang yang mempunyai riwayat keluarga glaucoma. (APY)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY