Efek Positif dan Negatif Mengonsumsi Kopi Hijau

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kebiasaan menyeruput kopi di sela aktivitas sehari-hari merupakan kenikmatan tersendiri yang dirasakan oleh para pecinta kopi. Kopi digemari karena memiliki citarasa, aroma khas dan mengandung komponen bioaktif yang dapat berperan sebagai antioksidan seperti kafein, sterol (stigmasterol,sitosterol), diterpens pentasiklik (methylcafestol, cafestol, kahweol).

Saat ini kopi adalah salah satu minuman yang digemari banyak orang di seluruh dunia. Minuman jenis ini sudah menjadi bagian yang cukup besar dalam gaya hidup modern. Saat ini Anda bisa menemukan kedai kopi di mana saja. Kopi yang disajikan juga beragam jenisnya.

Jika Anda bukan penikmat kopi, mungkin sulit untuk menghafalkan bermacam-macam kopi dan perbedaannya masing-masing. Seperti halnya teh, kopi ditanam di berbagai belahan dunia. Oleh karena itu, ada banyak jenis biji kopi yang dihasilkan dengan karakteristik yang berbeda-beda pula. Ada salah satu jenis kopi yang menarik perhatian, yakni jenis kopi hijau.

Kopi hijau berasal dari biji kopi biasa yang dikonsumsi dengan cara diseduh. Perbedaannya, biji kopi hijau tidak dipanggang terlebih dahulu. Meski begitu, biji kopi pada umumnya mengandung senyawa asam klorogenat. Senyawa ini dipercaya memiliki antioksidan aktif yang membantu menurunkan tekanan darah serta berat badan. Beberapa penelitian kecil menunjukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi minuman kopi hijau dapat menurunkan berat badan 1,3-2,2 kg dibandingkan yang tidak meminum kopi tersebut.

Sedangkan untuk biji kopi melalui proses pemanggangan, kandungan asam klorogenat telah berkurang dalam jumlah yang besar sehingga pengaruhnya tidak sama seperti mengonsumsi biji kopi tanpa proses pemanggangan Kopi hijau juga dinilai bisa menurunkan gula darah dan menghambat penumpukan lemak.

Berdasarkan informasi tersebut, ada sederet informasi mengenai efek samping dalam mengonsumsi kopi hijau. Berikut adalah keterangannya.

Manfaat Mengonsumsi Kopi Hijau

  1. Mengonsumsi ekstrak biji kopi hijau membantu menurunkan berat badan. Meminum kopi hijau dengan diimbangi olahraga yang cukup, juga sangat baik untuk menjaga lemak dan berat badan tubuh agar lebih terkontrol. Selain itu, ternyata meminum kopi hijau dapat menahan rasa lapar, Efek yang ditimbulkan oleh rasa lapar yang dapat ditekan ini yakni secara tidak langsung dapat menurunkan berat badan.
  2. Meningkatkan metabolisme tubuh. Antioksidan yang didapat dari asam chlorogenat dalam kopi hijau, mampu membantu menjaga dan meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Metabolisme tubuh yang baik akan membantu proses pembakaran dalam tubuh terjaga sehingga kesehatan tubuh juga akan terjaga.
  3. Menurunkan kada kolesterol jahat. Suatu metode untuk mengurangi kolesterol ketika kadar kolesterol sudah terlanjur tinggi, dapat dilakukan dengan meminum kopi hijau. Menurut penelitian yang pernah dilakukan, meminum kopi hijau secara teratur dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah.
  4. Menjaga tekanan darah. Rentang tekanan darah normal orang dewasa untuk sistole adalah 100-120 mmHg dan untuk diastole adalah 60-80 mmHg. Apabila seseorang menderita tekanan darah yang tinggi, maka dapat mengonsumsi kopi hijau. Karena kopi hijau dapat menurunkan tekanan darah.
  5. Mengatasi kanker dan penuaan dini.

Dampak Negatif Mengonsumsi Kopi Hijau

  1. Mengalami gangguan seperti insomnia, gelisah, dan perasaan tidak tenang, kecemasan.
  2. Mengalami beberapa masalah kesehatan seperti diare, osteoporosis, dan sindrom iritasi usus.

Efek negatif yang biasanya muncul pada seseorang yang mengonsumsi kopi hijau dikarenakan kesalahan dalam jumlah konsumsi dalam sehari. Dampak negatif mengonsumsi kopi hijau dirasakan apabila dalam mengonsumsinya terlalu berlebihan sehingga dapat merusak sistem di dalam tubuh. (SPT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here