Efek Samping atau Risiko Pemasangan Ring Jantung

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahabat Pembaca, ada yang pernah bertanya-tanya bagaimana efek samping atau resiko pemasangan ring jantung? Mungkin ada kerabat yang sudah melakukan pemasangan ring jantung, pernahkah Anda berpikir adakah dampaknya? Mari baca artikel berikut sebagai pencerahan.

Bagaimana Efek Samping atau Resiko Pemasangan Ring Jantung?

Ring jantung merupakan alat yang bentuknya seperti tabung untuk dipasangkan di pembuluh darah koroner jantung. Tujuannya baik sekali karena untuk membuka pembuluh darah yang menyempit sehingga otot jantung banyak mendapat suplai darah yang cukup. Ada beberapa efek samping atau resiko pasca pemasangan ring jantung sebagai berikut:

  • Resiko Terjadi Pendarahan

Operasi pemasangan ring jantung bisa beresiko terjadi pemasangan di tempat pemasangan ring. Pendarahan yang terjadi biasanya dalam kurun waktu 12 jam hingga 15 jam. Pendarahan ini bisa ditandai dengan adanya rasa pusing kepala bahkan bisa sampai pingsan. Bahkan jika terlambat bisa kehilangan nyawa.

  • Terjadinya Oklusi

Apabila sudah dilakukan pemasangan ring jantung, bisa beresiko mengalami oklusi jantung. Oklusi jantung ialah terjadinya pecahan plak kolesterol yang menyumbat pada ring jantung sehingga aliran darah ke jantung terhambat dan akibatnya bisa terjadi serangan jantung. Ketika terjadi serangan jantung harus ditangani dengan segera agar nyawa pasien masih bisa tertolong.

  • Nyeri di Bagian Dada

Terjadinya nyeri di bagian dada setelah pemasangan ring sangat umum terjadi bagi para penderita. Sebanyak 41 persen memang mengamainya, dan bisa dimungkinkan ini merupakan tanda awal terjadinya komplikasi jantung yang terjadi dengan cukup serius.

  • Palpitasi

Palpitasi jantung merupakan kondisi di saat berdetak cepat dan tidak terkontrol karena adanya peningkatan aliran darah ke daerah jantung. Palpitasi ini terjadi sebagai tanda serangan jantung yang bisa terjadi hingga 48 jam setelah pemasangan ring dilakukan. Palpitasi sangat membutuhkan pertolongan melalui obat.

Efek samping atau resiko terjadinya pemasangan ring jantung dengan berkembangnya teknologi operasi memang saat ini semakin menurun dan banyak yang mengatakan sudah aman. Memang pemasangan ini sebaiknya dilakukan oleh dokter jantung yang sudah terbukti ahli dan mampu melakukannya. Sebab jika tidak bisa sangat fatal. Setelah pemasangan ring jantung tentu sangat besar kemungkinan terjadi alergi terhadap obat, terjadinya darah beku, kerusakan pembuluh darah, ginjal, dan kerusakan katup jantung.

Demikian informasi mengenai efek samping atau resiko pemasangan ring jantung yang bisa diketahui lebih lanjut oleh para Pembaca. Semoga bermanfaat bagi masyarakat luas untuk mengetahui resiko yang mungkin saja terjadi ketika dilakukan operasi pemasangan ring jantung. Pemasangan ring jantung memang bukan satu-satunya faktor pengobatan, melainkan usaha yang bisa ditempun untuk melancarkan pembuluh darah yang sebelumnya menyempit. (MLS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here