Efek Samping Menggunakan Bra yang tidak Sesuai Ukuran

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Selain vagina, payudara adalah salah satu ‘aset’ berharga bagi perempuan. Payudara yang mengendur bisa saja menurunkan rasa percaya perempuan. Lantas kenapa payudara perempuan bisa mengendur? Salah satu penyebabnya ternyata dipengaruhi oleh pemakaian ukuran bra yang terlalu besar.

Efek samping menggunakan bra terlalu besar dan terlalu ketat

Pakar kesehatan mengatakan jika ukuran bra terlalu besar bisa menyebabkan payudara lebih mudah bergerak. Hal  itu dikarenakan tidak ada yang benar-benar menopang payudara. Efek lainnya adalah kecenderungan payudara menjadi lebih mudah bergerak dan bergesekan dengan kulit, yang bisa menyebabkan terkena iritasi.

Selain terlalu besar, pemakaian bra yang terlalu kecil atau ketat juga bisa menimbulkan efek negatif. Penggunaan bra yang terlalu kecil bisa menyebabkan sirkulasi darah pada payudara terganggu, sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman. Selain itu juga bisa memunculkan resiko kesehatan kulit pada payudara.

Ukuran bra yang tidak pas, memang menimbulkan efek tersendiri. Khususnya jika terlalu ketat bisa menyebabkan perempuan mudah mengalami sesak nafas. Beberapa perempuan bahkan mengatakan jika pergerakan tulang rusuk terganggu saat bernafas akibat pemakaian bra yang terlalu ketat.

Resiko lain yang muncul adalah punggung bagian atas bisa mengalami nyeri, jika menggunakan bra yang terlalu ketat. Itu terjadi karena tali bra yang ketat sangat mempengaruhi pergerakan punggung yang menyebabkan kaku atau tidak bebas.

Bra yang terlalu ketat juga bisa menimbulkan rasa sakit pada leher dan kepala. Tekanan di bagian punggung serta otot leher yang berlebihan, dapat memicu nyeri leher hingga sakit kepala cervicogenik. Bra yang terlalu besar juga bisa menimbulkan efek serupa karena area leher menjadi penopang utama payudara. Hal itu bisa menimbulkan resiko terkena nyeri leher, sama halnya seperti jika mengguakan bra terlalu ketat.

Tiga masalah kesehatan akibat pemakaian bra tidak sesuai ukuran

Menggunakan atau memilih bra harus sesuai ukuran payudara. Pemakaian bra tidak boleh terlalu longgar atau bahkan teralu kecil. Gunakan bra yang sesuai dengan ukuran payudara, sehingga tidak menimbulkan efek negatif. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini tiga masalah kesehatan yang bisa muncul akibat salah menggunakan bra.

  1. Bisa menyebabkan kegagalan kelenjar getah bening. Pemakaian bra dengan ukuran kecil atau ketat, bisa menyebabkan kegagalan kelenjar getah bening. Alhasil ada baiknya menggunakan ukuran bra yang sesuai payudara.
  2. Postur tubuh bisa menjadi buruk. Pemakaian bra yang tidak sesuai ukuran, juga bisa merusak postur tubuh perempuan. Situasi ini juga berdampak negatif pada rasa nyeri di leher, punggung, dan bahu.

Bisa menyebabkan kanker payudara. Dampak negatif paling buruk menggunakan bra yang tidak sesuai ukuran adalah menyebabkan kanker payudara. Penyebabnya ketika memilih ukuran bra yang terlalu ketat, aliran darah tak mengalir dengan baik. Kondisi tersebut jika dalam jangka waktu yang panjang, tentu saja bisa menyebabkan kanker payudara. (APT)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY