Efek Samping Minyak Ikan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Minyak ikan adalah suplemen yang sangat baik untuk tubuh dan kesehatan, namun jika dikonsumsi secara berlebihan akan menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh. Mengkonsumsi minyak ikan dalam bentuk suplemen ataupun minyak ikan cair memang dapat membuat tubuh lebih sehat karena minyak ikan mengandung omega 3 asam lemak esensial dan vitamin A yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dengan baik. Makanan atau obat-obatan, ketika dikonsumsi secara berlebihan, selalu akan memberikan hasil yang tidak diinginkan. Hal ini juga berlaku untuk minyak ikan, suplemen minyak ikan tidak akan bekerja dengan baik, jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih. Berikut adalah beberapa penjelasan mengenai efek samping overdosis minyak ikan:

  • Perdarahan internal. Perdarahan internal dapat bermanifestasi dalam bentuk luka memar. Seperti yang telah diketahui, kulit memar dengan warna memerah merupakan indikasi adanya kebocoran darah di bawah kulit. Daerah yang terkena juga akan membengkak akibat akumulasi darah di bawah kulit. Tanda lain yang menunjukkan kebocoran darah di dalam tubuh adalah perubahan warna tinja. Kotoran yang biasanya berwarna coklat kekuningan, tampak hitam seperti aspal, ini adalah gejala perdarahan gastrointestinal. Ketika warna feses berubah menjadi hitam, ini menunjukkan adanya darah dalam tinja. Terkadang, sejumlah darah dapat terlihat pada tinja. Adanya darah dalam muntahan juga menunjukkan bahwa terdapat pendarahan di dalam tubuh.
  • Alergi. Reaksi alergi dianggap sebagai respon sistem kekebalan tubuh terhadap zat berbahaya. Jadi, Anda dapat memahami bagaimana minyak ikan yang tadinya dianggap baik untuk kesehatan, kini menjadi berbahaya karena overdosis. Reaksi alergi bermanifestasi sebagai masalah kulit seperti gatal-gatal atau ruam yang tidak hilang kecuali konsumsi minyak ikan dihentikan. Pada kondisi alergi yang parah, kesulitan bernafas adalah tanda dari kelebihan asupan minyak ikan.
  • Perdarahan otak. Perdarahan di otak dapat terjadi ketika pembuluh darah yang terletak di dalam otak pecah dan menyebabkan pendarahan lokal. Pendarahan di otak dapat menyebabkan gejala sering sakit kepala yang parah. Anda mungkin juga menderita kesulitan dalam berbicara atau masalah penglihatan serta kelemahan pada tubuh bagian bawah. Penggunaan minyak ikan dalam jumlah besar dapat menyebabkan pendarahan otak yang parah, dan dalam kasus pendarahan otak, hal ini akan sulit sekali untuk bisa kembali pada kondisi normal.
  • Mual
  • Diare
  • Perut kembung

Mengetahui bahaya dari overdosis minyak ikan tersebut maka sebaiknya Anda mulai membatasi konsumsi beberapa jenis spesies ikan berlemak seperti albacore tuna, hiu, dan swordfish karena tingginya kadar kontaminan beracun yang mungkin terkandung dalam ikan tersebut. Anda juga harus berhati-hati memilih suplemen minyak ikan terkait dengan kandungan kontaminan seperti merkuri atau logam berat lainnya, pilih yang berlabel “bebas logam berat.”

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY