Efek Samping Olahraga Berlebihan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Melakukan olahraga menjadi bagian penting dari berbagai aktivitas yang telah anda lakukan khusunya di hari libur atau saat anda tidak bekerja sehingga tubuh menjadi sehat. Dengan olahraga akan membakar lemak atau kalori yang menumpuk akibat makanan yang tidak sehat. Selain itu olahraga juga baik untuk kesehatan mental anda.

Meski aktivitas yang tergolong wajib, masing-masing memiliki perbedaan untuk melakukan olahraga. Ada yang malas sehingga sama sekali tidak berolahraga, ada yang rutin melakukan satu kali seminggu dan bahkan karena terlalu senang dengan olahraga maka setiap hari olahraga. Mungkin yang kita ketahui dari tiga macam kebiasaan tersebut yang paling berefek atau tidak baik untuk kesehatan tubuh adalah yang tidak olahraga sama sekali. Tapi, ternyata olahraga setiap hari atau setiap saat dalam kategori berlebihan juga akan berefek negatif terhadapat tubuh.

Efek samping yang ditimbulkan dari olahraga berlebihan meliputi:

  1. Bahaya bagi lutut anda

Olahraga berlebihan dapat membuat lutut berbahaya dan mengalami kerusakan yang lebih cepat terutama pada lansia. Jika terjadi kerusakan maka potensi anda untuk terkena osteorithis lebih tinggi. Osteorithis adalah penyakit degenarasi sendi yang dapat menyebabkan pembengkakan sendi-sendi di dalam tubuh.

  1. Kelelahan

Berlebih maka memiliki arti lebih banyak dari kadar normal maka wajar saja anda akan merasakan efek kelelahan sebagai efek negatif olahraga yang berlebihan. Tapi meski wajar, rasa kelelahan bisa berbahaya jika berkomplikasi menjadi sindrom kelelahan kronis.

  1. Masalah tidur

Mungkin anda berpikir jika kelelahan maka akan mudah untuk tidur. Namun sebaliknya justru olahraga yang berlebihan akan membuat anda memiliki gangguan tidur. Hal itu karena otot anda telah bekerja berlebihan sehingga membuat anda merasa gelisah dan tidak bisa tidur dengan tenang.

  1. Menganggu kekebalan tubuh

Jika Anda kerap jatuh sakit akibat influenenza, pilek musiman, atau penyakit-penyakit minor lainnya, olahrga berlebihan bisa jadi adalah penyebabnya. Olahraga berlebihan dapat menekan sistem kekebalan  tubuh, menyebabkan tubuh sering terserang infeksi yang disebabkan oleh virus.

  1. Menganggu kesehatan mental

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa olahraga juga mempengaruhi kesehatan mental seseorang. Maka olahraga berlebihan juga berefek menganggu kesehatan mental. Salah satu contoh dampak olahraga berlebihan pada kesehatan mental adalah depresi.

Itulah beberapa efek samping dari olahraga berlebihan. Agar olahraga yang anda lakukan tidak tergolong berlebihan anda bisa melakukan olahraga dalam kadar normal. Yang dimaksud dengan normal yaitu disarankan olahraga paling lama 30 menit setiap berolahraga. Boleh setiap hari tapi tetap 30 menit. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here