Efek Samping Pengobatan HIV atau AIDS

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Apa itu HIV atau AIDS ? Mungkin kata ini tidak asing lagi anda dengar, pasti semua oarang merasa takut berhadapan dengan penderita yang mengalami HIV atau AIDS ini karena takut tertular. Apakah penularnya secepat itu? Jika kita hanya berkenalan saja tentu tidak akan menular. HIV adalah (Human Immunodeficiency Virus) virus ini akan menyerang kekebalan tubuh dan melemahkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit. Sehingga orang yang terinfeksi HIV akan mempunyai risiko tinggi untuk terjangkit infeksi maupun penyakit lainnya dengan berjalannya waktu, yang disebut AIDS (stadium akhir infeksi HIV). Akan tetapi jika semua orang yang terinfeksi HIV akan mengalami AIDS. Sebetulnya tubuh kita tidak akan sepenuhnya dapat memberantas virus tersebut, maka HIV akan menetap pada tubuh kita seumur hidup.

HIV dapat ditularkan melalui seseorang yang positif HIV dengan beberapa cara yaitu melalui hubungan seks dan jarum suntik atau cairan tubuh yang dapat menularkan HIV dari penderita HIV yaitu darah, semen, cairan vagina, cairan dubur dan ASI. Untuk mengetahui denagn pasti apakah anda terinfeksi HIV ada beberapa tes yang dilakukan serta anda akan mendapatkan konseling. Kebanyakan orang memang di deteksi antibodi HIV adalam waktu 3 bulan sejak ia memang terinfeksi dengan rata-rata hari 20 hari, namun pada kasus yang sudah terjadi dapat dideteksi 6-12 bulan kemudian. Oleh sebab itu direkomendasikan dilakukan tes untuk HIV 6 bulan setelah kejadian terakhir. Dan bila positif akan dilakukan pemeriksaan lanjutan seperti pemeriksaan darah lengkap, rontgen dan lainnya. Setelah mendapatkan hasilnya sangat penting untuk berdiskusi dengan dokter tentang terapi yang harus dilakukan agar dapat diobati dan bila negatif agar dapat mencegahnya.

Dokter akan memberi tahukan tentang hasil tes yang dilakukan secara langsung. HIV stadium awal  yang di terapi untuk menurunkan risiko terjadinya AIDS dan tentunya dapat meningkatkan harapan hidupnya. Penderita HIV yang akan mendapatkan terapi Antiretroviral secara konsisten akan dapat menurunkan angka virus dalam tubuhnya sehingga akan menurunkan angka virus dalam tubuh .

Efek samping pengobatan HIV

Untuk pengobatan yang telah dilakukan pastinya akan menimbulkan efek samping selama beberapa waktu untuk dapat mengendalikan viris dimulai dari tubuh anda, kemungkinan efek sampingnya seperti:

  1. Anda akan merasa sangat lelah dan lemas
  2. Anda akan mengalami anemia yang juga dapat membuat anda merasa sangat lelah
  3. Anda bisa saja akan mengalami diare
  4. Anda akan mengalami mual ketika minum obat tersebut sehingga anda tidak mampu untuk memakannya
  5. Anda akan merasakan pusing sampai nyeri dikepala anda
  6. Bahkan anda akan mengalami Insomnia
  7. Anda akan mengalami nyeri yang sangat hebat pada tubuh anda
  8. Anda akan mengalami Gangguan neurologis
  9. Anda juga akan mengalami perubahan pada kulit anda yang memerah dan gangguan kulit lainnya
  10. Anda akan mengalami penurunan berat badan anda secara perlahan (NLT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here