Efektifkah Obat Penumbuh Janggut?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Menumbuhkan janggut atau brewok menjadi tren di kalangan pria masa kini. Banyak pria yang menumbuhkan janggutnya untuk menambah kesan gagah dan atraktif. Dari sisi kesehatan, menumbuhkan janggut dapat membantu mengurangi risiko infeksi bakteri dan sebagai pelembab alami kulit. Sayangnya, menumbuhkan janggut terkadang jadi perkara sulit bagi sejumlah pria sehingga mereka memilih untuk menggunakan obat penumbuh janggut. Tapi, apakah obat penumbuh janggut itu efektif?

Rambut atau bulu-bulu halus pada wajah pria akan mulai tumbuh di usia 15-16 tahun. Namun, pertumbuhan rambut tersebut tak selalu sama pada setiap individu. Sejumlah pria mungkin mendapati bulu di wajahnya tumbuh lebih cepat, sementara beberapa pria lainnya mengalami pertumbuhan bulu wajah yang lambat. Hal ini karena pertumbuhan rambut, termasuk janggut, dipengaruhi oleh folikel rambut yang terletak di bawah permukaan (dermis) kulit. Folikel tersebutlah yang menentukan warna, konsistensi, dan ketebalan rambut. Maka dari itu, orang yang memiliki janggut tebal umumnya memiliki lebih banyak folikel rambut di wajah mereka.

Testosteron adalah hormon seks utama pada pria yang terkait dengan pertumbuhan rambut maupun janggut. Karenanya, suplemen atau suntik testosteron pun kini tersedia dan dianggap sebagai metode yang paling efektif untuk menumbuhkan janggut. Namun, penting untuk diingat bahwa terapi testosteron hanya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut wajah jika kadar testosteron seseorang memang memiliki kadar testosteron yang rendah. Pasalnya, kadar testosteron terlalu tinggi justru bisa menjadi bumerang bagi kesehatan. Terlalu banyak testosteron telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kerusakan hati, serangan jantung, dan masalah pada sistem peredaran darah lainnya. Lalu, bagaimana dengan keefektifan obat penumbuh janggut?

Produk atau obat penumbuh janggut yang banyak beredar di pasaran saat ini umumnya diklaim dapat menumbuhkan janggut dalam waktu cepat dan aman. Sayangnya, kebanyakan dari produk tersebut belum teruji kredibilitasnya secara ilmiah. Ketimbang memilih obat yang belum terbukti keefektifannya, perubahan gaya hidup dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut.

Menerapkan gaya hidup sehat dapat meningkatkan aliran darah yang pada gilirannya dapat mendorong pertumbuhan rambut. Pastikan untuk tidur malam dan berolahraga secara cukup. Rambut tidak akan tumbuh optimal tanpa nutrisi yang cukup. Maka dari itu, perbanyak juga konsumsi buah, sayur, dan makanan lainnya, terutama yang mengandung protein, biotin, tiamin, serta vitamin B6 dan B12. Nutrisi-nutrisi tersebut dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut. Untuk menumbuhkan janggut lebih cepat, pastikan juga kebersihan dan kelembaban wajah terjaga dengan baik. Selamat mencoba! (RFZ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here