Empat Bahan Alami yang Bantu Pudarkan Stretch Mark

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Selain jerawat, stretch mark merupakan masalah kulit yang kerap membuat frustasi. Stretch mark ini berupa guratan yang sering muncul para area kulit di mana lemak terkonsentrasi, seperti payudara, perut, dan paha. Guratan stretch mark umumnya muncul karena pertumbuhan yang cepat. Kulit akan meregang ketika terjadi peningkatan berat badan. Ini membuat lapisan dermis (lapisan tengah kulit) menjadi lebih tipis sehingga lapisan di bawahnya muncul ke permukaan kulit. Inilah mengapa stretch mark umumnya dialami oleh wanita hamil dan orang yang mengalami peningkatan bobo tubuh secara drastis.

Meski tidak membahayakan, stretch mark menjadi keresahan terutama bagi kaum wanita karena merusak penampilan. Kini, telah banyak produk krim penghilang stretch mark dan bahkan tersedia pula terapi laser ataupun mikrodermabrasi untuk menghilangkan stretch mark. Namun, harganya relatif mahal. Sebetulnya Anda pun dapat menghilangkan stretch mark dengan memanfaatkan bahan alami. Ini tentunya lebih aman dan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya.

Beberapa bahan alami berikut ini dapat mempercepat pemudarah stretch mark:

  1. Lemon. Lemon memiliki kandungan alpha hydroxy acids yang bermanfaat merangsang produksi kolagen, pengelupasan kulit, dan pertumbuhan sel kulit baru. Semua manfaatnya ini dapat membantu memperbaiki tampilan kulit yang terkena stretch mark. Caranya pun cukup mudah. Anda hanya perlu memotong lemon menjadi beberapa bagian, lalu bagian lemon tersebut digosokkan ke area stretch mark. Biarkan selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat. Untuk hasil maksimal, lakukan setiap hari.
  2. Putih telur. Kandungan protein dalam putih telur, yakni albumin dapat membantu mengencangkan dan melembutkan kulit. Inilah salah satu alasan mengapa putih telur baik digunakan sebagai masker alami wajah. Begitu pula dengan stretch mark. Anda hanya perlu mengoleskan putih telur ke area stretch mark dan biarkan sampai mengering. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih.
  3. Lidah buaya. Stretch mark merupakan pertanda bahwa kulit telah kehilangan kekencangan alaminya. Lidah buaya dapat membantu memperbaiki kerusakan-kerusakan kecil di lapisan kulit. Bila konsisten, Anda dapat kembali memperoleh kulit yang kencang sehingga stretch mark pun perlahan hilang. Caranya, kupas kulit terluar lidah buaya lalu tekan agar getah atau gelnya keluar. Gel tersebut lalu dioleskan ke area stretch mark sambil dipijat lembut arah memutar.
  4. Minyak zaitun. Minyak zaitun memliki kandungan vitamin E yang tinggi sehingga dapat membantu memperbaiki tampilan kulit yang terkena stretch mark. Apalagi saat hamil, rajin mengoleskan minyak zaitun alami dapat membantu meringankan stretch mark yang umumnya semakin terlihat seiring dengan ukuran perut yang semakin besar.

Bagaimanapun, penggunaan bahan alami untuk menghilangkan stretch mark juga perlu diimbangi perawatan dari dalam dengan mengonsumsi makanan bergizi agar kebutuhan nutrisi kulit tercukupi. Selain itu, bila bahan alami tak kunjung membuahkan hasil yang diharapkan, Anda dapat meminta bantuan dermatolog. (RFZ)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY