Empat Hal Penyebab Komedo Pada Wanita

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kecantikan bagi seorang wanita adalah aspek utama yang harus terpenuhi. Karena dengan kecantikan wanita akan merasa lebih percaya diri. Cantik bagi kebanyakan wanita indonesia adalah memiliki wajah yang putih dan bersih. Oleh karena itu, apabila terjadi masalah seputar kulit wajah, wanita akan mulai khawatir dan berusaha menghilangkannya.

Ada beberapa masalah yang dapat muncul dalam wajah wanita salah satunya komedo. Komedo merupakan gumpalan yang terbentuk karena adanya sel-sel kulit mati disertai produksi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit. Komedo pada wajah akan terlihat seperti bintik-bintik hitam dan putih.

Pada dasarnya ada dua jenis komedo yaitu, komedo terbuka (black head) adalah gumpalan masa sebum yang terlihat seperti pori-pori yang membesar dan berwarna hitam, serta tidak tertutup oleh epitel kulit sehingga mudah dikeluarkan. Kedua komedo tertutup (white head), komedo jenis ini memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat, sehingga terlihat seperti tonjolan berwarna putih dan berada di bawah kulit. White head sulit dikeluarkan karena permukaannya tertutup oleh epitel kulit.

Penyebab tumbuhnya komedo

Untuk mencegah timbulnya komedo pada wajah anda, tentunya anda terlebih dahulu harus mengetahui pemicu atau penyebab munculnya komedo, berikut 4 hal yang menyebabkan komedo bersarang di wajah kita:

  1. Kulit wajah tidak terjaga kebersihannya

Banyaknya aktivitas di luar yang dilakukan wanita menyebabkan wajah sering kontak dengan debu dan polusi di udara sehingga terjadi penumpukan yang menyebabkan pori-pori kulit wajah tersumbat dan tumbuh komedo. Oleh karena itu anda harus rajin membersihkan wajah setelah bepergian. Rekomendasi dari dokter untuk mencuci atau membersihkan wajah adalah 2 kali dalam sehari.

  1. Sekresi minyak berlebihan

Masalah pengeluaran minyak berlebihan biasanya dimiliki oleh wanita yang memiliki jenis kulit berminyak, dan merupakan salah satu jenis kulit yang beresiko mengalami masalah komedo.

  1. Ketidaksesuaian pemakaian produk kecantikan

Untuk pemakaian produk kecantikan sebaiknya sesuaikan dengan jenis kulit. Apabila jenis kulit anda kulit berminyak maka gunakan produk yang tidak mengandung minyak. Sebaliknya jika kulit anda jenis kulit kering maka gunakan produk yang mengandung pelembab, dengan seperti itu dapat membantu mengurangi produksi minyak yang berlebih pada wajah.

  1. Pola hidup tidak sehat

Penyebab lain tumbuhnya komedo yaitu pola hidup yang tidak sehat, seperti mengonsumsi alkohol, merokok dan kurang tidur serta mengonsusmsi makanan yang berlemak sehingga memengaruhi kesehatan kulit anda.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY