Empat Hal Yang Perparah Jerawat

SehatFresh.com – Kita semua pasti pernah mengalami jerawat. Masalah kulit yang satu ini merupakan hal yang paling mengganggu penampilan. Pernah dengar istilah ‘jerawat membandel’? Masalah jerawat yang tak kunjung reda memang kerap membuat kesal. Ternyata bukan jerawatnya yang membandel karena prinsipnya jerawat dapat disembuhkan. Yang membuat jerawat tak kunjung hilang adalah kurangnya pemahaman bagaimana penanganan jerawat secara tepat dan cepat. Tanpa disadari, beberapa hal di bawah ini dapat memperburuk kondisi jerawat Anda.

  1. Mencuci muka berlebihan

Mencuci wajah terlalu sering tidak akan membantu menyingkirkan jerawat. Ini dapat merangsang produksi minyak berlebih pada kulit, dan minyak berlebih hanya akan memperburuk jerawat. Menggosok kulit juga menimbulkan dampak yang sama buruknya. University of Maryland Medical Center merekomendasikan untuk mencuci sekali atau dua kali sehari dengan pembersih ringan. Hindari juga godaan untuk memencet jerawat karena hanya akan menimbulkan infeksi atau jaringan parut.

  1. Kosmetik

Menutupi kulit dengan foundation, pelembab atau tabir surya yang mengandung minyak dapat memperburuk jerawat. Minyak dalam beberapa produk perawatan kulit hanya akan menyumbat pori-pori, dan menyebabkan lebih banyak jerawat. Sebaiknya, pilih produk perawatan yang ditandai sebagai “noncomedogenic”, agar tidak semakin menyumbat pori-pori.

  1. Keringat

Keringat berlebihan dapat berdampak negatif jerawat, dan efeknya semakin buruk ketika Anda mengenakan pakaian ketat atau barang yang menyebabkan gesekan, seperti ransel atau helm. Gesekan ini menyebabkan jerawat mechanica, yaitu jerawat yang disebabkan atau diperburuk oleh panas, kulit tertutup, tekanan dan gesekan berulang. Mengenakan pakaian yang menyerap keringat, mandi segera setelah aktivitas berat dan menggunakan pembersih yang tepat dapat mengurangi keparahan jerawat Anda.

  1. Obat-obatan

University of Maryland Medical Center menunjukkan bahwa obat-obatan tertentu dapat menyebabkan jerawat. Ini termasuk kortikosteroid, lithium, fenobarbital dan bahkan kontrasepsi oral.

Saat ini banyak sekali jenis perawatan kulit untuk wajah berjerawat yang tersedia di berbagai klinik kecantikan. Namun, Anda harus pintar dan cermat dalam memilih jenis perawatan yang sesuai dengan kulit. Kesabaran merupakan hal yang paling diperlukan ketika kita ingin menghilangkan jerawat. Jangan sering mengganti produk pembersih wajah atau mencoba segala macam jenis perawatan sembarangan. Sebaiknya, konsultasikan dahulu masalah jerawat Anda ke dokter kulit yang terpercaya, guna mendapat rekomendasi produk perawatan yang sesuai dengan jenis kulit.

Sumber gambar : www.cantik.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY