Empat Manfaat Traveling Bagi Kesehatan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kesibukan sehari-hari membuat tubuh merasa lelah, bahkan terlalu berat memikirkan pekerjaan atau suatu hal membuat tenaga juga ikut terkuras. Jika ada suatu kesempatan, tubuh juga perlu istirahat. Jangan sia-siakan kesempatan untuk istirahat, maksimalkan waktu libur dan istirahat anda dengan baik, misalkan mengisi waktu liburan dengan traveling atau sekedar jalan-jalan di taman melihat pemandangan.

Sebenarnya banyak sekali manfaat traveling untuk kesehatan, namun tak banyak orang yang mengetahui. Sebagian orang beranggapan bahwa traveling itu tidak perlu, sebagian lagi menganggap traveling hanya akan menghabiskan uang, waktu dan tenaga. Beruntung bagi Anda yang suka traveling karena menurut beberapa ahli, traveling sangat baik untuk me-refresh pikiran, tubuh serta jiwa. Karena ternyata banyak sekali manfaat traveling bagi kesehatan, berikut penjelasannya.

  • Latihan fisik

Saat traveling, tentu akan jalan kaki lebih sering dari biasanya. Berkunjung ke banyak tempat seharian dengan jalan kaki atau ganti-ganti kendaraan umum sudah pasti menuntut fisik yang kuat. Dengan begitu, jantung  akan memompa darah lebih banyak, sehingga aliran darah akan kembali lancar. Apabila fisik sudah lumayan kuat, bisa mencoba untuk traveling yang lebih ekstrim lagi, seperti naik gunung atau panjat tebing untuk latihan fisik anda.

  • Pengalaman baru

Bisa melakukan kegiatan yang tidak pernah atau tidak biasa dilakukan sebelumnya. Terkadang traveling menuntut untuk keluar dari rutinitas dan mencoba hal-hal baru. Banyak pengalaman yang di dapatkan pada saat traveling. Seperti pengalaman ke tempat baru, makanan baru, sampai bertemu dengan orang-orang baru. sehingga dipastikan akan merasakan kembali tubuh yang fresh dan menambah rasa kepedulian sosial terhadap orang lain.

  • Mendapat udara segar

Waktu traveling, bisa dipastikan kebanyakan kegiatan dilakukan di luar ruangan. Jadi, tidak mungkin hanya berdiam diri di rumah. Traveling bisa mengunjungi kebun binatang, taman, atau jalan-jalan keluar mencari pemandangan atau suasana baru. Nah, sebenarnya banyak manfaat yang diidapatkan ketika jalan-jalan keluar. Salah satunya bisa menghirup udara segar dan menuhin kebutuhan vitamin D setelah mendapat sinar matahari di pagi hari.

  • Mengurangi Stres

Biasanya orang yang tinggal di kota lebih sering mengalami stres dibandingkan dengan yang tinggal di desa. Stres tak hanya dialami oleh orang dewasa, bahkan anak-anak yang masih duduk dibangku sekolah juga sering mengalami stres karena rutinitas yang dikerjakan. Nah, makanya jangan pernah menganggap remeh stres yang alami. Karena bisa menimbulkan penyakit dan efek negatif jangka panjang. Untuk mengurangi resiko stres bisa dilakukan dengan traveling atau jalan-jalan untuk menenangkan pikiran setelah disibukan dengan rutinitas yang ada. Usahakan luangkan waktu diakhir pekan atau akhir bulan untuk traveling. Traveling tidak harus di tempat yang jauh, pergi ke taman kota atau tempat-tempat wisata dalam kota bisa menjadi alternatif untuk sekedar mengurangi stress. Jadi, traveling sangat bermanfaat bagi kesehatan. (AGT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here