Empat Manfaat Yoghurt Bagi Kesehatan

KONICA MINOLTA DIGITAL CAMERA

SehatFresh.com – Yoghurt merupakan produk olahan susu yang dibuat dengan penambahan kultur (bakteri) dan merupakan salah satu produk susu yang syarat akan gizi. Yoghurt berbeda dengan olahan susu lainnya, yoghurt difermentasikan dari susu yang diberi bakteri hidup yang sangat bermanfaat untuk tubuh.  Selain memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan dan kekuatan tulang, yoghurt juga sangat baik untung pencernaan. Yoghurt terdiri dari dua jenis bakteri baik yang bermanfaat bagi kesehatan, yaitu bakteri Lactobacillus Bulgaricus dan Streptococus Thermopillus.

Yoghurt mengandung probiotik (bakteri hidup) yang membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri usus yang memainkan peran utama dalam fungsi kekebalan tubuh, pencernaan dan produksi beberapa vitamin. Probiotik adalah bakteri ‘baik’ yang meningkatkan kesehatan usus dengan mengembalikan keseimbangan antara bakteri baik dan tidak baik. Probiotik meningkatkan kekebalan tubuh dengan melawan ancaman virus yang masuk melalui saluran pencernaan. Carilah yoghurt berlabel “bakteri aktif”.

Seperti susu dan keju, yoghurt mengandung lebih dari 10 nutrisi penting, termasuk kalsium, vitamin A dan B12, riboflavin, karbohidrat, protein, kalium, fosfor, magnesium, zinc serta beberapa jenis asam amino yang kandungannya lebih tinggi dibandingkan dalam susu. Kadar lemak pada yoghurt juga lebih sedikit dibanding susu. Kandungan nutrisi dan vitamin pada yoghurt sangat baik untuk tubuh. Jika dibandingkan dengan olahan susu yang lain, yoghurt mempunyai lebih banyak manfaat. Beberapa manfaat yoghurt antara lain:

Mencegah gangguan pencernaan

Yoghurt mengandung kultur aktif dan hidup yang sangat baik untuk membantu mengatasi gangguan kondisi pencernaan seperti diare, konstipasi, intoleransi laktosa, penyakit usus dan kanker usus besar. Kandungan kalsium dalam yoghurt berguna memelihara kesehatan usus, serta mengurangi risiko kanker usus. Dibanding susu, kalsium dalam yogurt lebih mudah dicerna oleh mereka yang memiliki alergi susu. Bakteri baik yoghurt terbukti membantu lambung kita mencerna makanan lebih baik. Kenapa? Karena hanya sedikit bakteri yang bisa bertahan dengan keasaman lambung dan berhasil mencapai usus halus. Yoghurt lebih mudah dicerna oleh tubuh dibanding susu tanpa proses fermentasi sehingga baik digunakan sebagai alternatif bagi orang yang sulit mencerna laktosa susu.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Yoghurt juga memiliki kandungan zat yang bersifat anti-mikroba yang menghasilkan antibiotik dan beberapa bakteri baik yang mencegah serangan bakteri tidak baik yang dihasilkan oleh asam asetat dan hydrogen peroksida.

Mencegah osteoporosis

Yoghurt kaya akan kalsium yang berfungsi menguatkan tulang dan mencegah osteoporosis. Kombinasi kalsium organik dan magnesium pada yoghurt sangat baik untuk mencegah pengeroposan tulang. Kalsium organik pada susu dan yoghurt telah diakui sebagai jenis kalsium yang paling mudah dicerna dan diserap oleh tubuh kita. Itulah sebabnya susu dan yoghurt sangat diperhitungkan sebagai penyedia kalsium organik yang penting bagi tubuh.

Memelihara kesehatan organ intim wanita

Probiotik dalam yoghurt dapat mengendalikan pertumbuhan jamur Candida Albican. Candida Albican adalah merupakan bakteri penyebab penyakit kelamin yang menyebabkan rasa gatal dan ketidaknyaman pada bagian kelamin wanita (vaginitis).

 Untuk mendapatkan semua manfaat dari yoghurt, para ahli menyarankan untuk mengkonsumsi yoghurt satu kali sehari dan teratur.

 Sumber gambar : felanian.wordpress.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here