Empat Penyebab Nyeri Saat Ejakulasi

SehatFresh.com – Ejakulasi merupakan puncak dari orgasme pria yang ditandai dengan keluarnya air mani. Biasanya pria akan merasakan kenikmatan seksual saat berada pada fase ini. Terkait dengan berbagai faktor, ejakulasi yang seharusnya nikmat justru terkadang menjadi menyakitkan. Kelenjar prostat merupakan organ yang berperan dalam produksi semen, cairan yang membawa sperma. Saat pria melakukan ejakulasi, otot-otot pada organ vital akan berkontraksi kemudian mengirim air mani dari testis ke uretra lalu dikeluarkan melalui penis yang terbuka. Setiap kondisi yang menyebabkan peradangan atau infeksi pada struktur yang berkontribusi terhadap ejakulasi atau struktur di sekitarnya, dapat mengakibatkan nyeri saat ejakulasi.

Nyeri saat ejakulasi berkaitan dengan beberapa kondisi di bawah ini :

  1. Kerusakan saraf penis

Saraf-saraf pada penis bisa mengalami kerusakan terkait berbagai faktor. Umumnya, hal ini bisa terjadi akibat aktivitas seks yang kasar atau cedera karena terjatuh dan kecelakaan.

  1. Orchitis

Orchitis adalah peradangan pada salah satu atau kedua testis. Kondisi ini biasanya terjadi sebagai akibat dari peradangan pada epididimitis, tabung yang menghubungkan testis dengan struktur lain yang disebut vas deferens. Epididimitis juga sering terjadi akibat dari infeksi bakteri atau virus. Gejala orchitis umumnya ditandai dengan darah dalam air mani, demam, nyeri di selangkangan, pembengkakan skrotum, nyeri testis, nyeri selama hubungan seksual dan nyeri saat ejakulasi. Bila infeksi disebabkan oleh virus atau bakteri yang terkait dengan penyakit menular seksual, maka pasangan seksual pun perlu mendapatkan penanganan juga.

  1. Prostatitis

Prostatitis adalah penyakit kelenjar prostat, yang ditandai dengan rasa sakit dan berbagai gejala kencing. Secara umum, gejala prostatitis termasuk rasa sakit saat buang air kecil, sering buang air kecil, kesulitan buang air kecil, nyeri perut dan penis serta nyeri saat ejakulasi. Prostatitis kronis cenderung sulit diobati, karena penyebabnya tidak diketahui secara pasti. Mayoclinic.com menyebutkan bahwa pengobatan biasanya terdiri dari berbagai obat dan pijat prostat.

  1. Kanker prostat

Kanker prostat adalah kanker paling yang umum di antara pria dari semua ras dan etnis. Gejala kanker prostat berbeda antara individu, tetapi umumnya ditandai dengan kesulitan buang air kecil, kesulitan mengosongkan kandung kemih, nyeri saat buang air kecil, darah dalam urin dan air mani, nyeri panggul dan ejakulasi yang menyakitkan. Pilihan pengobatan yang tersedia untuk kanker prostat meliputi pengangkatan prostat, terapi radiasi dan terapi hormon.

Nyeri ejakulasi dapat mengganggu kepuasan seksual pria maupun pasangannya serta dapat menimbulkan tekanan emosional yang berat. Bila Anda mengalami keluhan ini, segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter guna mengetahui penyebab pastinya agar dapat segera ditentukan penanganannya.

Sumber gambar : cara-ngatasi.blogspot.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY