Empat Prinsip Makan Sehat

SehatFresh.com – Pola makan sehat sangatlah penting untuk diterapkan. Pola makan yang baik sejak dini, dapat mencegah dan menghindarkan kita dari penyakit-penyakit kronis seperti diabetes, kanker, darah tinggi dan masih banyak lagi penyakit lainnya yang mungkin bisa ditimbulkan karena salah menerapkan pola makan. Mencoba menguraikan fakta nutrisi pada label makanan atau memahami temuan dari studi gizi terbaru dapat membuat makan sehat tampak seperti algoritma rumit yang mungkin sulit dipahami. Padahal, makan sehat bisa diterapkan dengan prinsip yang lebih sederhana. Seperti apakah prinsip tersebut ?

  1. Ubah kebiasaan
    Anda dapat mulai menjalankan makan sehat dengan mengurangi konsumsi makanan yang telah melalui banyak proses pengolahan. Hal ini dikarenakan makanan olahan seperti pizza dan keripik kentang, tinggi akan kandungan gula, garam dan lemak trans untuk meningkatkan rasa dan daya simpannya. Terlalu banyak gula dalam diet dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan diabetes tipe 2, sedangkan terlalu banyak gula, garam dan lemak trans dapat menyebabkan penyakit jantung. Maka dari itu, sebaiknya Anda mulai membiasakan diri mengonsumsi makanan segar yang diproses minimal seperti buah-buahan dan sayuran segar, daging segar dan makanan laut, biji-bijian, kacang-kacangan, biji-bijian dan produk susu rendah lemak maupun susu tanpa lemak.
  2. Colorful eating
    Makanan nabati mengandung pigmen khusus yang tidak hanya memberi warna, tetapi juga membawa manfaat kesehatan tersendiri. Misalnya, karotenoid yang member warna orange pada wortel atau sayuran orange lainnya, dapat mengurangi risiko kanker prostat dan mendukung kesehatan mata. Demikian pula, anthocyanin dalam makanan berwarna biru dan ungu seperti berry dan buah anggur dapat mencegah penyakit jantung koroner. Setiap kali makan, isilah piring dengan buah dan sayuran yang memiliki warna berbeda. Ketika memilih buah dan sayur, pilihlah yang berwarna merah, orange, kuning, ungu, atau biru. Khusus dalam memilih sayuran, sebaiknya pilih gabungan sayuran yang beerwarna hijau tua, orange, merah, kuning, dan ungu.
  3. Mengontrol porsi makan
    Mengontrol porsi makan adalah cara sederhana untuk makan sehat dan mengontrol berat badan. Mengontrol dalam hal ini ditekankan pada makan cukup agar Anda tetap bertenaga, kenyang, dan tidak makan berlebihan. Anda perlu mengetahui porsi yang tepat sebelum memenuhi piring dengan makanan dan sebaiknya Anda tidak semata-mata memperhatikan ukuran dari piring yang digunakan. Anda bisa meletakkan sayuran di setengah bagian piring. Kemudian bagian piring lainnya, bagi menjadi dua bagian yang diisi dengan protein serta karbohidrat.
  4. Makan dengan sadar
    Orang sering makan tanpa berpikir tentang apakah mereka benar-benar lapar, sehingga mereka mungkin tidak ingat apa atau berapa banyak makanan yang telah masuk ke dalam perut. Menurut Harvard Health Publications, salah satu rahasia untuk makan sehat adalah makan dengan penuh kesadaran. Makan dengan sadar dapat membantu memilih makanan yang lebih sehat baik itu pada saat makan besar atau hanya sekedar ngemil sehingga asupan kalori menjadi lebih terkontrol. Perhatikan isyarat lapar tubuh Anda dan makanlah hanya pada saat lapar, bukan hanya karena Anda sedang bosan atau stres. Ketika makan, matikan TV dan komputer, perhatikan apa yang dimakan, berapa banyak porsinya dan bagaimana rasa dari makanan Anda. Kunyah makanan hingga tuntas, dan beri jeda antara gigitan. Kebiasaan makan dengan tidak sadar bisa mendorong seseorang untuk makan berlebihan karena terus merasa lapar. Bukannya lapar fisik, tapi lapar emosi yang terus dituruti tanpa disadari

Sumber gambar : www.caramenurunkanberatbadan9.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY