Empat Tanaman Herbal Penambah Nafsu Makan

Sehatfresh.com – Untuk memenuhi asupan energi pada tubuh, dibutuhkan vitamin, protein yang berasal dari makanan. Biasanya orang yang susah makan akan kekurangan zat tersebut. Dampaknya badan akan menjadi kurus kerena tidak dapat memenuhi asupan makanan di tubuh. Untuk itu, ada beberapa tanaman herbal yang patut Anda coba agar dapat menambah nafsu makan. Berikut ulasannya:

  1. Temu lawak

Obat tradisional ini memang sudah tidak asing di telinga kita. Temu lawak memiliki berbagai macam khasiat, Salah satu manfaat yang dapat diperoleh dari temulawak yaitu dapat meningkatkan atau menambah nafsu makan, baik untuk anak-anak maupun dewasa karena temulawak mengandung minyak atsiri yang memiliki efek karminativum. Inilah yang menjadikan temulawak dapat menjadi peningkat nafsu makan.

Cara membuat : Ambil temulawak kira-kira yang berukuran 1/2 jari, lalu cuci bersih. Setelah itu parut dan beri air masak dua sendok makan. Hasil parutan diperas dan disaring. Tambahkan madu satu sendok makan.  Diminum satu kali sehari.

  1. Brotowali

Selain dapat menembuhkan berbagai penyakit. Kandungan yang terdapat pada tanaman Brotowali ialah barberin, palmatin, alkaloid, pikroretin, glikosida, palmatin dan harsa. Di mana setiap zat memiliki fungsi masing-masing. Salah satunya ialah dapat menambah nafsu makan secara alami dan juga aman.

Cara membuat : Rebus batang kecil tanaman brotowali ini, kemudian setelah mendidih langsung dinginkan air nya dan jangan lupa diminum dengan rutin. Cara ini bermanfaat untuk Anda yang memiliki berat badan kurang ideal, sehingga bisa membuat badan gemuk karena terangsang untuk terus mengkonsumsi makanan.

  1. Daun pepaya

Pahit? Ya, daun pepaya memang agak sedikit pahit untuk dikonsumsi secara mentah. Tapi di balik rasanya yang pahit, daun pepaya memiliki kandungan vitamin yang jauh lebih banyak. Setidaknya daun pepaya memiliki vitamin A, vitamin B1, kalori, lemak, protein, dan kalsium, serta fosfor. Kandungan tersebut dapat menambah nafsu makan

Cara membuat : Ambil dan pilih daun papaya yang masih segar dan tidak terlalu tua atau daun yang berada di dekat pucuk pohon papaya berukuran telapak tangan, tambahkan sedikit garam secukupnya, dan air hangat setengah cangkir.

4. Lempuyang emprit

Lempuyang emprit atau zingiber amaricans adalah salah satu jenis tanaman herbal yang memiliki rasa pahit dan berkhasiat sebagai obat. Bagian dari tanaman yang dimanfaatkan adalah rimpangnya. Rimpang lempuyang emprit ini berukuran kecil dan daging buahnya berwarna kuning pucat. Tanaman ini banyak dimanfaatkan masyarakat sebagai obat untuk menambah nafsu makan, sakit perut, badan penat, asma, dan penyakit lainnya.

Kandungan senyawa pada lempuyang emprit ini adalah minyak atsiri, saponin, flavonoid. Minyak atsiri dapat bermanfaat sebagai antibakteri dan antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri Escherichia coli.

Cara membuat : Rimpang lempuyang pahit sebanyak 150 gr dicuci hingga bersih, kemudian parut hingga halus, rebuslah parutan ini dengan 2500 cc air hingga airnya tinggal separuh. Untuk menghilangkan rasa pahit dapat ditambahkan gula merah 50 gr, saring terlebih dahulu sebelum diminum, air ini diminum tiga kali sehari cukup satu sendok makan.

Tidak hanya murah, tanaman herbal tidak mengandung efek samping terhadap tubuh. Jadi tanaman di atas sangat dianjurkan apabila Anda mengalami kekurangan nafsu makan.

Sumber gambar : madujuara.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY