Empat Tanda Paru – Paru Bermasalah

SehatFresh.com – Paru-paru merupakan salah satu organ vital bagi kehidupan manusia. Organ ini berperan sangat penting dalam sistem pernapasan manusia. Semakin tercemarnya udara yang kita hirup serta banyaknya virus pembawa penyakit yang berkeliaran di udara dapat menimbulkan berbagai gangguan dan penyakit pada paru-paru. Salah satu penyakit paru-paru yang seringkali lambat terdeteksi adalah kanker paru-paru. Pada tahap awal perkembangannya, kanker paru-paru seringkali memiliki gejala yang cukup tersembunyi sehingga tak banyak disadari.

Empat tanda di bawah ini kemungkinan besar menunjukkan adanya masalah dengan paru-paru dan sebaiknya segera lakukan pemeriksaan medis agar terdeteksi lebih dini :

  1. Kesulitan bernapas

Pernapasan yang normal akan stabil dan berirama. Pada dasarnya, normal bila kita merasa terengah-engah setelah melakukan aktivitas fisik berat atau olahraga. Namun, perlu diwaspadai bahwa gejala khas dari penyakit paru obstruktif kronik adalah sesak napas. Kesulitan bernapas juga merupakan salah satu tanda kanker paru-paru yang disebabkan kebiasaan merokok. Tanda-tanda awal penyakit paru-paru serta penyakit jantung, dapat menyebabkan kesulitan bernapas, serta gangguan sistem saraf dan anemia. Terlepas dari penyebabnya, sering sesak napas tanpa alasan yang jelas atau ketika tidak melakukan aktivitas berat kemungkinan mengindikasikan tanda awal penyakit paru-paru yang memerlukan evaluasi medis lebih lanjut.

  1. Nyeri dada

Penyebab nyeri dada paling umum yang disebabkan oleh penyakit paru-paru adalah radang selaput dada, yaitu peradangan pada membran yang mengelilingi paru-paru (pleura). Menurut mayoclinic.com, flu, radang paru-paru, lupus, rheumatoid arthritis, TBC, trauma dada, patah tulang rusuk dan emboli paru dapat menyebabkan radang selaput dada. Dalam beberapa kasus, radang selaput dada tidak dapat ditelusuri penyebab spesifiknya. Rasa sakit bisa datang secara bertahap atau tiba-tiba dan menjadi lebih buruk ketika bergerak, batuk atau saat mengambil napas dalam-dalam.

  1. Batuk kronis

Batuk adalah reaksi normal tubuh terhadap iritasi selaput lendir yang melapisi saluran udara. Batuk sesekali merupakan hal yang normal, di mana tubuh mencoba untuk membersihkan diri partikel asing yang terhirup. Namun, batuk kronis biasanya merupakan sinyal infeksi atau tahap awal penyakit paru-paru. Batuk kering bisa menandakan bronkitis akut atau pneumonia. Sedangkan, batuk dengan lendir kehijauan, kekuningan, kecokelatan atau kehitaman serta batuk berdarah merupakan indikasi jelas bahwa ada sesuatu yang salah dan memerlukan intervensi medis.

  1. Suara napas tidak normal

Napasyang normalbersuaragemerisiklembut yang terdengar melaluistetoskop. Suara napas menjadi lebih kerasketikamenghirupdan memudar setelah menghembuskan napas. Suara napasabnormal yang terjadi terus-menerusmenunjukkankelainanparu-paruatau penyakitpotensial lainnya. Hal ini bisa terjadi karenapenumpukanlendir atau cairanserta pembengkakan danperadangan.

Sumber gambar : obatnyaginjal.ahlinyaobatasamurat.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY