Empat Tips Agar Suka Makan Buah dan Sayur

SehatFresh.com – Buah dan sayuran merupakan makanan yang kaya akan nutrisi seperti vitamin dan mineral yang penting untuk tumbuh kembang anak-anak. Sayangnya, tidak jarang banyak anak yang kurang menyukai kedua makanan tersebut terutama sayuran. Masalah anak yang tidak suka makan sayur memang kerap kali membingungkan para orang tua.

Tidak jarang banyak anak yang lebih menyukai makanan yang manis ataupun gurih dibandingkan rasa sayuran. Banyak pakar gizi anak mengatakan bahwa memberikan buah ataupun sayuran pada anak sebaiknya dilakukan saat anak masih berusia enam hingga 12 bulan. Bila pada rentang usia tersebut anak sering diberi sayuran, maka pada usia selanjutnya anak akan lebih mudah untuk menyukai makan sayur maupun buah.

Bila melebihi usia tersebut anak tidak tidak suka makan buah dan sayur, maka perlu sedikit strategi cermat agar anak menyukai buah dan sayuran. Beberapa tips di bawah ini mungkin dapat membantu:

  1. Anak-anak perlu makan setiap tiga hingga empat sekali. Maka dari itu, buatlah jadwal makan harian mereka lengkap dengan camilan sehat berupa buah dan sayuran dalam bentuk salad atau jus.
  2. Anak-anak sering meniru perilaku orang tua mereka. Maka dari itu, ada baiknya orang tua selalu menikmati makan sayuran serta buah-buahan setiap waktunya. Makan bersama dapat membuat anak-anak semakin tertarik untuk makan buah dan sayuran. Buatlah sebisa mungkin agar waktu makan menjadi waktu yang menyenangkan bagi anak.
  3. Ciptakanlah variasi menu buah dan sayuran dalam bentuk unik dan lucu. Dalam mengolah sayuran, ibu harus kreatif dalam menciptakan rasa sayur yang enak. Usahakan juga untuk mengganti menu sayuran setiap hari agar anak tidak bosan dengan menu yang sama.
  4. Ajak anak ketika memilih buah dan sayuran di tempat belanja. Setelah itu, perlihatkan pada anak bagaimana mempersiapkan dan memasak apa yang telah mereka pilih. Ketika anak-anak dilibatkan, mereka biasanya mau makan apa yang mereka siapkan.

Jika si kecil tetap sulit untuk mau makan buah dan sayuran, maka Anda perlu berkonsultasi dengan dokter mengenai hal ini. Konsultasi perlu dilakukan untuk mengetahui apakah masalah anak tidak suka makan buah dan sayur ini disebabkan oleh masalah psikologis saja atau ada masalah medis tertentu seperti masalah saluran pencernaan yang menyertainya.

Sumber gambra : berbagisehatalami.blogspot.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY