Enam Bahan Alami ini Ampuh Atasi Toksoplasmasis pada Kehamilan!

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Toksoplasmasis adalah salah satu infeksi yang paling sering dialami oleh ibu hamil. Penyebabnya adalah parasit toxoplasma gondii yang bisa menginfeksi tubuh karena meminum air yang kurang bersih, mengonsumsi daging yang kurang matang, memasak dengan pisau atau peralatan lainnya yang terkontaminasi, atau terkena paparan dari feses kucing. Pada orang yang sehat, toksoplasmasis umumnya hanya menimbulkan gejala mirip flu, atau bahkan tanpa gejala sama sekali. Tetapi, jika yang terinfeksi adalah wanita hamil, toksoplasmasis dapat menimbulkan komplikasi yang serius, di mana sang bayi bisa lahir dengan kondisi toksoplasmasis congenital. Kondisi ini membuat bayi berisiko mengalami gangguan pendengaran, gangguan penglihatan, dan keterbelakangan mental.

Dalam kasus yang parah, toksoplasmasis menyebabkan penderitanya mengalami gangguan penglihatan, kebingungan, dan bahkan koordinasi gerak yang buruk. Gejala-gejala ini menandakan perlunya penanganan medis darurat. Jika ibu hamil tidak melewatkan jadwal pemeriksaan kehamilan rutinnya, maka toksoplasmasis dapat terdeteksi dini.

Penanganan toksoplasmasis umumnya mengandalkan obat-obatan. Namun, mengingat ibu hamil tak bisa sembarang mengonsumsi obat, alternatifnya ada bahan-bahan alami yang dapat membantu mengatasi toksoplasmasis pada ibu hamil, antara lain:

  1. Bawang putih. Bawang putih secara alami memiliki sifat antibiotik, antioksidan, antijamur, dan antiparasit, sehingga dapat membantu mengatasi toksoplasmasis serta mencegah parasit penyebabnya berkembangbiak dalam tubuh. Bawang putih bisa ditambahkan ke dalam makanan sehari-hari atau dihaluskan kemudian dicampur dengan susu.
  2. Kunyit. Sama baiknya dengan bawang putih, kandungan antiseptik dalam kunyit juga dapat membantu mengatasi toksoplasmasis. Meminum susu dengan campuran bubuk kunyit baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga membuatnya lebih efektif menangkal infeksi. Cara lainnya, Anda juga dapat mencampurkan setengah sendok teh bubuk kunyit ke dengan satu gelas air, lalu diminum secara teratur.
  3. Kenari hitam. Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Experimental Parasitology, senyawa kimia yang disebut juglone dalam kenari hitam berperan aktif dalam memerangi hingga 100 parasit yang berbeda dalam tubuh. Selain itu, kandungan tanin dalam kenari hitam juga secara alami dapat menangkal infeksi parasit dan jamur.
  4. Jus lidah buaya. Lidah buaya juga mengandung antibakteri yang sangat baik untuk membersihkan parasit usus, termasuk toxoplasma gondii. Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu meminum 2 gelas jus lidah buaya setiap hari. Untuk menambah rasa, Anda bisa menambahkan madu dan lemon.
  5. Minyak oregano. Minyak oregano mengandung thymol dan carcyarol, yang keduanya bertindak sebagai antimikroba dan telah terbukti ampuh melawan infeksi parasit dalam tubuh. Minyak oregano dapat dikonsumsi dengan cara dicampurkan ke dalam air putih, jus, ataupun susu. Tersedia pula dalam bentuk suplemen.
  6. Air kelapa. Air kelapa efektif mendinginkan tubuh sehingga membuat habitat parasit dalam tubuh menjadi tidak ideal untuk berkembang biak. Selain itu, air kelapa juga telah dikenal sejak lama memberikan banyak manfaat bagi kehamilan.

Bahan-bahan alami di atas mudah didapat bukan? Namun, meski bahan-bahan tersebut memang berkhasiat untuk toksoplasma, ibu hamil jangan sampai mengabaikan nasihat dokter dan tetap lakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin. Hal ini penting guna memastikan tubuh ibu hamil telah benar-benar bersih dari parasit ataupun mikroba lainnya, serta memantau risiko penularan parasit dari ibu ke janin.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY