Enam Cara Atasi Rambut Rontok untuk Para Hijabers

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Rambut rontok adalah masalah yang dialami banyak wanita, terutama wanita berhijab. Rambut yang sering ditutupi jilbab mudah berkeringat dan menjadi sangat lembab. Terlebih jika tingkat aktivitas pemakai jilbab sangat aktif. Ini bisa memicu kerontokan rambut berlebih dan rentan berketombe. Berhijab adalah salah satu bentuk ibadah, dan para wanita berhijab sebetulnya tak perlu cemas dengan rambut rontok. Perawatannya sederhana tak perlu ke salon mahal.

  1. Keramas teratur

Kebersihan rambut sangat penting untuk mencegah kerusakan kulit kepala, baik itu karena rontok ataupun ketombe. Tapi, tidak disarankan untuk keramas setiap hari karena hanya akan mengikis kandungan alami rambut yang penting untuk melindungi rambut. Cucilah rambut secara teratur setiap 2 hari sekali menggunakan sampo atau yang sesuai dengan jenis rambut. Bila perlu, pakai kondisioner agar rambut tetap lembut dan mudah diatur.

  1. Gunakan sisir bergigi jarang

Setelah keramas, rambut sebaiknya tidak langsung disisir dengan sisir rambut karena kondisinya mudah patah. Cukup sisir dengan jari tangan. Sebelum dan setelah memakai hijab, rambut sebaiknya disisir menggunakan sisir plastik bergigi jarang dan ujungnya tumpul agar tidak melukai kutikula.

  1. Keringkan rambut sebelum pakai hijab

Memakai hijab saat rambut basah dapat menyebabkan kerusakan kulit sehingga membuat rambut lebih rontok, berketombe, gatal, dan bau apek. Usahakan untuk mengeringkan rambut terlebih dahulu rambut ditutupi hijab. Jika terburu-buru, keringkan dengan pengering rambut. Tapi, jangan sampai jadi kebiasaan karena panas dari pengering rambut juga dapat memicu kerusakan rambut.

  1. Jangan mengikat rambut terlalu kencang

Rambut panjang memang lebih baik diikat saat mengenakan hijab. Tapi, jangan sampai mengikat rambut terlalu kencang karena hanya akan membuat rambut lebih rapuh dan memicu sakit kepala. Oleh karenanya, hindari mengikat rambut dengan karet gelang. Sebaiknya pilih ikatan rambut yang karetnya telah dilapisi kain.

  1. Memakai hijab yang menyerap keringat

Karena rambut menjadi mudah berkeringat, sebaiknya kenakan hijab yang bahannya mudah menyerap keringat. Pasalnya, keringat inilah yang menjadi biang masalah rambut, seperti rontok, ketombe, dan apek. Hijab yang menyerap keringat juga membuat penggunanya lebih nyaman karena tidak membuat gerah.

  1. Mengistirahatkan rambut

Biarkan rambut tanpa ikatan saat tidak mengenakan hijab di rumah agar rambut bisa bernapas bebas. Ini juga membantu mengurangi kelembaban berlebih pada kulit kepala setelah seharian ditutupi hijab.

Itulah cara-cara sederhana untuk mengatasi dan mencegah rambut rontok pada wanita berhijab. Selain perawatan dari luar, hasilnya akan maksimal bila diimbangi perawatan dari dalam dengan mengonsumsi makanan tinggi protein, rendah lemak, vitamin dan mineral agar rambut ternutrisi dengan baik. Kacang-kacangan, bayam, brokoli, ikan, pisang, jeruk, dan buah beri adalah beberapa makanan yang baik untuk kesehatan rambut.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY