Enam Manfaat Lemak Pada Tubuh

0
114

SehatFresh.com – Lemak adalah sekumpulan molekul yang di dalamnya mengandung unsur oksigen, hydrogen, serta karbon. Berdasarkan sumbernya, lemak juga dibedakan yaitu lemak hewani dan lemak nabati, keduanya memiliki kegunaan lemak yang penting bagi tubuh kita. Lemak hewani merupakan lemak yang berasal dari hewan contohnya lemak dari daging, susu, telur, keju, ikan, dan lain-lain. Untuk lemak nabati, lemak ini berasal dari tumbuhan seperti tempe dan tahu serta berbagai macam jenis kacang-kacangan.

Lemak di dalam tubuh berasal dari asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari, baik yang berasal dari karbohidrat, protein, maupun dari lemak itu sendiri. Lemak yang berada di dalam tubuh disimpan pada 50% pada jaringan bawah kulit (daerah subkutan), 45% pada rongga perut yang menyelimuti organ dalam, dan 5% pada jaringan intramuskular. Lemak merupakan salah satu zat gizi makro yang yang berperan penting dalam menyimpan kelebihan energi yang berasal dari makanan yang telah di konsumsi. Oleh karena itu, lemak memiliki berbagai macam fungsi yang sangat penting untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Manfaat tersebut diantaranya:

  1. Sumber energi, Meskipun sumber utama energi bagi tubuh kita adalah karbohidrat, lemak digunakan sebagai sumber energi cadangan ketika karbohidrat tidak tersedia. Tubuh membutuhkan paling tidak lima belas persen sumber energi yang berasal dari lemak dari total energi yang kita butuhkan. Energi yang didapat dari lemak ini bisa bertahan lebih lama dibandingkan dengan energi yang didapat dari protein maupun karbohidrat. Dalam diet 1.800 kalori, Anda hanya harus mengkonsumsi 40-70 gram lemak setiap harinya.
  2. Pelarut vitamin, Salah satu fungsi lemak yang cukup penting bagi tubuh adalah lemak berfungsi sebagai pengangkut vitamin yang terserap dalam tubuh, seperti vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K. kekurangan lemak dapat mengakibatkan Anda kekurangan vitamin-vitamin tersebut karena penyerapannya yang tidak optimal.
  3. Melindungi organ-organ penting, Lemak merupakan mekanisme bantalan tubuh yang alami. Lemak berperan untuk meilindungi organ-organ tubuh manusia karena lemak akan menyelimuti organ-organ di dalam rongga perut. Sehingga organ di dalam perut dapat terlindungi dari berbagai bahaya atau benturan yang berasal dari luar tubuh.
  4. Menjaga suhu tubuh, Lemak yang berada di jaringan kulit tubuh memiliki fungsi sebagai pelindung tubuh dari udara dingin. Dalam hal ini, lemak sangat berperan dalam mengatur suhu tubuh agar tetap hangat. Ketika udara dingin, tubuh akan membangkitkan timbunan lemak dan kemudian melepaskan panas yang membantu meningkatkan suhu.
  5. Menjaga kesuburan, Lemak tubuh membantu untuk memastikan produksi hormon, termasuk hormon seks. Wanita dengan lemak tubuh yang rendah cenderung memiliki kadar estrogen yang rendah pula. Hal ini bisa berakibat pada berhentinya siklus menstruasi.
  6. Menghemat protein, Pada kondisi tertentu, tubuh membutuhkan energi yang sangat banyak seperti dalam kondisi sakit. Saat sakit, tanpa adanya lemak, tubuh akan menggunakan protein tubuh untuk memenuhi kebutuhan energi. Lemak akan memberi energi pada tubuh sehingga protein tetap dapat digunakan untuk menjalankan fungsi utamanya sebagai zat pengatur tanpa harus terbuang percuma untuk memenuhi kebutuhan energi yang besar.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY