Enam Sumber Folat yang Kaya Manfaat

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Vitamin B9 (folat, asam folat, atau folicin) merupakan jenis vitamin B yang asupannya perlu dicukupi dari makanan sehari-hari. Nutrisi ini berperan penting dalam menunjang berbagai fungsi tubuh, diantaranya sintesa dan perbaikan DNA, serta pembelahan dan pertumbuhan sel. Setiap harinya tubuh memerlukan asupan folat sebesar 400 mikrogram. Ini berlaku bagi anak-anak yang usianya di atas usia 10 tahun dan orang dewasa. Sedangkan para ibu hamil memerlukan asupan folat yang lebih besar, yaitu 600 mikrogram per hari.

Kekurangan folat dapat menyebabkan anemia pada orang dewasa, dan tumbuh kembang yang lebih lambat pada anak-anak. Sedangkan pada wanita hamil, kurangnya asupan folat merupakan salah satu penyebab cacat lahir.Folat dan asam folat sering dianggap sama, padahal efek metaboliknya berbeda. Folat adalah bentuk alami vitamin B9 (bioavailable) yang ditemukan dalam berbagai bahan makanan baik itu hewani maupun nabati. Sedangkan asam folat merupakan bentuk vitamin sintesis yang umumnya ditemukan dalam suplemen dan makanan yang difortifikasi. Untuk mencukupi asupan folat dari pola makan sehari-hari, tambahkan bahan makanan sumber folat ini ke dalam diet Anda:

  1. Bayam. Satu setengah cangkir bayam mengandung sekitar 100 mikrogram folat. Selain folat, bayam juga kaya nutrisi lainnya. Warna hijau pada bayam merupakan hasil dari fitokimia yang disebut fitokimia. Keduanya berperan sebagai antioksidan yang berperan penting dalam pencegahan kanker. Cara terbaik mendapatkan nurisi dari bayam adalah dengan memasaknya bukan dimakan mentah.
  2. Brokoli. Brokoli kerap dimasukkan ke dalam jajaran superfood. Ya, brokoli memang sarat akan kandungan gizi. Antioksidannya dapat mencegah kanker dan kandungan seratnya baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Tak hanya itu saja, setengah cangkir brokoli yang telah dimasak juga menyumbang 50 mikrogram asupan folat.
  3. Asparagus. Asparagus termasuk bahan makanan yang rendah kalori dan tidak mengandung kolesterol, serta kaya akan kalium dan serat. Selain itu, empat batang asparagus rebus juga turut menyumbang 85 mikrogram asupan folat.
  4. Blewah. Selain vitamin A dan C, blewah juga mengandung folat. Seperempat bagian blewah ukuran sedang menyediakan kebutuhan folat sekitar 25 mikrogram.
  5. Alpukat. Makan satu buah alpukat setiap hari dapat memenuhi sekitar 40 persen kebutuhan folat harian. Selain folat, alpukat juga menyumbang asupan kalium, vitamin C, vitamin E, dan asam lemak sehat.
  6. Telur. Selain kaya protein, telur juga mengandung berbagai nutrisi esensial, termasuk folat yang jumlahnya sekitar 25 mikrogram. Agar nilai gizinya tetap baik, pastikan telur diolah dengan cara yang sehat, seperti direbus.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here