Enam Tanda Kulit Wajah Sehat

SehatFresh.com – Banyak penelitian menyebutkan bahwa kulit merupakan indikator dari kesehatan organ tubuh manusia secara keseluruhan. Sistem metabolisme tubuh manusia mudah sekali direspon perubahannya oleh kulit. Bahkan berbagai faktor emosional seperti kesal serta kecemasan berlebih juga berdampak pada kesehatan kulit.

Kulit wajah yang mulus tentunya menjadi dambaan setiap wanita. Sayangnya, banyak wanita saat ini lebih mementingkan tampilan kecantikan dibandingkan kesehatan kulit wajah mereka. Karena tergiur iklan, mereka rela membeli produk perawatan wajah dengan harga mahal yang akhirnya hanya akan mengikis kesehatan kulit wajah mereka sendiri. Maka dari itu, perlu ditekankan bahwa kesehatan daripada kecantikan. Mengapa demikian? Karena kulit wajah yang sehat akan memberi nilai lebih dan menunjang kecantikan Anda, sedangkan kulit yang cantik belum tentu menunjang kesehatan kulit wajah Anda

Apakah kulit Anda sehat? Untuk mengetahuinya, bisa dilihat dari enam tanda kulit wajah sehat berikut ini :

  1. Bebas noda
    Kulit wajah memang menjadi hal yang paling rawan terkena jerwat. Terlebih jika Anda kurang menjaga kebersihan kulit wajah Anda setiap hari. Dengan perawatan yang tepat, hal tersebut dapat diatasi. Kulit yang sehat tidak memiliki noda bekas jerawat dan bahkan bintik-bintik jerawat batu. Jika terdapat bintik-bintik kecil pada wajah, bisa jadi hal tersebut merupakan tanda-tanda penuaan dini yang harus segera diatasi. .
  2. Lembut
    Kulit wajah sehat juga tampak secara kasat mata dengan melihat dan meraba permukaan kulit tersebut. Jika permukaan kulit lembut dan halus, hampir bisa dipastikan kulit tersebut tergolong sehat. Namun, jika kulit terasa kasar atau bersisik setelah dibersihkan atau mencuci muka, mungkin Anda sedang mengalami beberapa gangguan kulit terutama pada jenis kulit kering.
  3. Tidak pucat
    Kulit pucat seperti kedinginan menandakan kondisi kulit tidak sehat. Kulit yang merona berarti lebih memiliki warna sesuai dengan warna kulit Anda jika dibandingkan dengan kulit wajah yang pucat. Kulit wajah yang merona jadi salah satu tanda penting bahwa aliran darah di bawah permukaan kulit berjalan lancar.
  4. Kenyal
    Kulit yang sehat akan terasa kenyal dan kencang, tidak kendur atau keriput seperti kulit orang lanjut usia. Kulit bermasalah ketika dipegang tidak langsung kembali pada bentuk asalnya atau bahkan membekas. Kulit wajah yang sehat akan terasa kenyal dan lentur. Kulit kenyal dan lembab dipengaruhi oleh produksi minyak pada wajah.
  5. Tidak terlalu cerah
    Warna kulit yang putih belum tentu sehat. Jika warna putih pada bagian wajah melebihi warna putih kulit pada bagian tubuh lain yang tertutup, maka kulit tersebut termasuk dalam golongan kondisi kulit yang tidak sehat.
  6. Bebas keluhan
    Masalah pada kulit wajah bisa beragam seperti akibat infeksi atau peradangan jerawat, panu atau kudis. Kulit yang sehat tentu saja harus terbebas dari masalah-masalah kulit tersebut. Pengobatan terhadap beberapa gangguan kulit ini tentu harus segera dilakukan untuk mengembalikan kesehatan kulit Anda.

Untuk mendapatkan kulit wajah sehat memang tidak mudah diperlukan perawatan secara teratur. Gaya hidup sehat akan sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh secara menyeluruh termasuk kulit. Jika ingin menggunakan produk perawatan tertentu, gunakanlah produk yang berkualitas baik. Kulit yang sehat tentunya tidak hanya menunjang kesehatan Anda, tapi juga memberi kenyamanan dalam melakukan aktifitas sehari–hari dan membuat lebih percaya diri.

Sumber gambar : tanjungherbal.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY