Enam Tips Mencegah Jerawat

Sehatfresh.com – Salah satu penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya adalah jerawat. Bahkan menurut Kligmann, seorang peneliti masalah jerawat ternama di dunia berpendapat,”Tak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya.

Jerawat adalah peradangan yang disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori kulit dengan kotoran. Minyak yang dihasilkan oleh kelenjar bawah kulit kita bercampur dengan sel kulit mati dan bakteri. Adanya kotoran di wajah menyebabkan minyak berlebih tersebut tidak bisa keluar dengan lancar sehingga timbullah jerawat. Sakit yang dirasakan oleh penderita beberapa jenis jerawat meminbulkan pertanyaan bisakah jerawat di cegah? Jawabannya bisa.

Berikut 6 tips mencegah jerawat :

  1. Mencuci Muka
    Cucilah muka sesering mungkin, terutama sebelum tidur dan habis keluar rumah. Kenapa harus mencuci muka sesering mungkin? Karena Setelah beraktivitas seharian, tentu banyak debu dan kotoran yang menempel di tubuh kita, khususnya di wajah kita.
  2. Gunakan Masker Alami
    Masker dengan bahan alami, sangat baik untuk kulit wajah. Agar manfaat masker wajah dengan bahan alami sebagai salah satu pilihan cara perawatan wajah terbaik ini bisa maksimal hasilnya. Gunakan seminggu dua kali,misalmya masker buah, telur dan madu secara rutin.
  3. Konsumsi Sayuran Yang Hijau
    Karena sayuran yang berwarna jijau akan membantu meremajakan kulit wajah kita,seperti sayur bayam merah,tauge,brokoli hijau, dll. Sayuran berwarna hijau juga mengandung tinggi serat, rendah lemak, kaya akan asam folat, vitamin C, zat besi, kalsium, kalium dan magnesium. Selain itu juga mengandung sejumlah fitokimia seperti lutein, beta-cryptoxanthin, zeaxanthin dan beta-karoten.
    Kandungan ini berkontribusi pada sistem kekebalan tubuh yang sehat dan kemudian dapat membantu kinerja tubuh dan meningkatkan pertumbuhan rambut dan kulit yang sehat.
  4. Hindari Makanan Mengandung Lemak,
    Makanan yang mengandung lemak seperti makanan yang digoreng atau yang bersantan. Hal ini karena minyak pada gorengan akan membuat timbulnya penyumbatan pada kulit pori-pori, dan gorengan juga membuat sel-sel kulit terlihat nampak terlihat tua.
  5. Olah Raga Rutin,
    Lakukan olah raga minimal seminggu sekali secara rutin, karena olah raga mempercepat metabolisme tubuh, menetralkan racun dan membuang kotoran dalam tubuh dengan segera.
  6. Ketenangan Hati Dan Selalu Berfikir Positif.
    Hati yang tenang akan mempengaruhi hormon yang ada di dalam tubuh kita. Begitu juga sebaliknya, jika kita mengalami stres, maka jerawat akan muncul. Misalnya saat kita sedang PMS, saat meghadapiujian sekolah, atau wawancara kerja.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY