Enam Tips Sperma Sehat

SehatFresh.com – Untuk dapat membuahi sel telur, diperlukan kualitas sperma yang baik. Jumlah yang banyak bukan jaminan. Ketika ejakulasi, pria subur mengeluarkan cairan sebanyak 2-5 ml yang terdiri dari cairan mani dan sperma dengan konsentrasi 20 juta sel sperma per ml. Kurang dari jumlah tersebut, maka kemungkinan pembuahan sel telur juga akan menurun. Sperma juga harus memiliki motilitas yang baik agar bisa mencapai dan membuahi sel telur. Secara morfologi, sperma normal berbentuk seperti kecebong, yang terdiri dari kepala, tubuh, dan ekor. Kelainan seperti kepala kecil atau tidak memiliki ekor akan memengaruhi pergerakan sperma.

Memerhatikan kesehatan sperma sangat penting bagi pasangan yang berencana memiliki buah hati. Jika seorang pria merasa khawatir kualitas spermanya tidak sehat, ada beberapa cara alami yang dapat membantu meningkatkan kualitas sperma supaya tetap sehat , diantaranya :

  1. Makan sehat

Salah satu langkah yang paling penting adalah makan makanan sehat yang tinggi protein, kaya akan buah dan sayur dengan antioksidan serta rendah lemak. Penting juga untuk menghindari makanan tertentu. Makanan tinggi gula dapat menyebabkan resistensi insulin yang juga dapat menyebabkan penurunan produksi sperma. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum minuman berkafein berlebihan juga dapat menyebabkan penurunan produksi sperma.

  1. Olahraga

Olahraga moderat membantu meningkatkan kadar testosteron yang sangat penting untuk produksi sperma. Olahraga secara berlebihan bisa mengurangi hitungan sperma. Ini karena suhu menjadi meningkat di sekitar testis selama kegiatan yang sangat mengerahkan tenaga. Hindari juga steroid anabolik yang seringkali digunakan untuk membentuk otot. Tidak hanya dapat menyebabkan testis menyusut, efeknya juga bisa menyebabkan penurunan produksi sperma.

  1. Kurangi stres

Mayo Clinic melaporkan bahwa peningkatan stres dapat menurunkan produksi sperma. Hormon-hormon yang dilepaskan selama periode stres dapat benar-benar memblokir sel yang mengatur testosteron dan produksi sperma. Cukup tidur setiap malam setidaknya delapan jam akan sangat membantu tubuh dalam mengendalikan stres.

  1. Tidak merokok

Merokok dapat menurunkan produksi yang sehat. Merokok dapat mempengaruhi motilitas sperma sehingga menyebabkannya bergerak lebih lambat, serta berpotensi menyebabkan cacat pada sperma.

  1. Jauhi alkohol dan narkoba

Minum alkohol bisa merusak hati. Masalah hati ini dapat meningkatkan kadar estrogen dan menurunkan kadar testosteron. Keseimbangan kedua hormon ini penting dalam menentukan berapa banyak sperma yang diproduksi. Pemakaian obat-obatan terlarang selama jangka panjang juga berakibat pada menurunnya hitungan sperma dan pola perkembangan sperma menjadi tidak normal.

  1. Hindari temperatur tinggi

Peningkatan suhu pada skrotum dapat mengganggu produksi sperma. Untuk menjaga kesuburan, hindari menggunakan celana yang terlalu ketat, meletakkan laptop tepat pada paha atau selangkangan, berendam di air panas dan sauna.

Sumber gambar : www.youtube.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY