Entropion

DEFINISI
Entropion adalah suatu kondisi di mana kelopak mata Anda berubah ke dalam sehingga bulu mata Anda dan gosokan kulit terhadap permukaan mata, menyebabkan iritasi dan ketidaknyamanan.

Bila Anda mengalami entropion, kelopak mata Anda mungkin berubah di sepanjang waktu atau hanya bisa berubah ke dalam ketika Anda berkedip paksa atau meremas kuat kelopak mata yang menutup. Entropion terjadi paling sering pada orang dewasa yang lebih tua, dan umumnya hanya mempengaruhi kelopak mata bawah.

Air mata buatan dan salep pelumas dapat membantu meringankan gejala entropion, tetapi sering perlu prosedur operasi untuk memperbaikinya. Jika tidak diobati, entropion dapat menyebabkan kerusakan pada bagian yang jelas dari mata Anda (kornea), infeksi mata dan kehilangan penglihatan.

GEJALA
Gejala entropion berasal dari gesekan bulu mata dan kelopak mata bagian luar terhadap permukaan mata. Anda mungkin memiliki tanda dan gejala seperti:

  • Perasaan bahwa ada sesuatu di mata Anda
  • Kemerahan pada bagian putih mata Anda
  • Iritasi atau sakit mata
  • Kepekaan terhadap cahaya dan angin
  • Mata berair (air mata berlebihan)
  • Debit lendir dan pengerasan kulit kelopak mata
  • Penurunan penglihatan

Kapan Anda harus mencari nasihat medis?
Jika Anda merasa seperti Anda terus-menerus memiliki sesuatu di mata Anda atau Anda melihat bahwa beberapa bulu mata Anda tampaknya akan berbalik ke arah mata Anda, buatlah janji konsultasi dengan dokter untuk melakukan pemeriksaan. Jika Anda membiarkan entropion tidak diobati terlalu lama, akan dapat menyebabkan kerusakan permanen pada mata Anda. Pastikan untuk menggunakan air mata buatan dan salep pelembab mata untuk melindungi mata Anda sebelum konsultasi Anda.

Jika Anda tahu bahwa Anda memiliki entropion, waspadalah terhadap gejala paparan kornea atau borok, termasuk meningkatnya kemerahan, nyeri, kepekaan cahaya cepat atau menurunnya kemampuan penglihatan. Jika Anda mengalami salah satu dari tanda-tanda dan gejala yang mengancam penglihatan, carilah perawatan segera ke kantor dokter mata atau ruang gawat darurat.

PENYABAB
Entropion dapat memiliki beberapa penyebab yang berbeda, seperti:

  • Kelemahan otot. Ketika Anda menua, otot-otot di bawah mata Anda cenderung untuk melemah dan tendon juga dapat berelaksasi. Jika otot-otot dan tendon menjadi lemah dan berelaksasi, entropion dapat berkembang.
  • Guratan atau operasi sebelumnya. Bekas luka pada kulit akibat luka bakar zat kimia, trauma atau operasi dapat mendistorsi kurva normal kelopak mata, sehingga dapat menyebabkan entropion.
  • Infeksi mata. Meskipun jarang di Amerika Utara, infeksi mata yang disebut trachoma masih umum di Afrika Utara dan Asia Selatan. Trachoma dapat menyebabkan parut pada kelopak mata bagian dalam, yang menyebabkan entropion dan bahkan kebutaan akibat komplikasi kornea.
  • Peradangan atau infeksi. Masalah kelopak mata disebut entropion spastik dapat disebabkan oleh infeksi atau peradangan.
  • Pengembangan komplikasi. Sangat jarang, entropion hadir pada saat lahir (kongenital). Lebih sering, saat bayi membuka bulu mata saat lahir memiliki lipatan ekstra kulit pada kelopak mata, disebut epiblepharon.

Faktor Risiko
Faktor-faktor tertentu yang dapat meningkatkan risiko mengembangkan entropion, meliputi:

  • Usia. Penyebab paling umum dari entropion adalah relaksasi jaringan otot yang berhubungan dengan penuaan. Semakin tua Anda, semakin besar kesempatan Anda untuk mengembangkan kondisi tersebut.
  • Luka bakar sebelumnya. Jika Anda pernah memiliki luka bakar di wajah Anda, jaringan parut yang dihasilkan dapat menempatkan Anda pada risiko yang lebih tinggi mengembangkan entropion.
  • Infeksi trachoma. Karena trachoma dapat meninggalkan bekas luka pada kelopak mata bagian dalam, orang-orang yang memiliki infeksi ini lebih mungkin untuk mengembangkan entropion.

Komplikasi
Komplikasi yang paling serius yang berhubungan dengan entropion adalah iritasi dan kerusakan kornea. Karena Anda bulu mata dan kelopak mata terus-menerus menggosok kornea, itu menyebabkan lebih rentan terhadap kerusakan kornea dan borok, yang dapat menyebabkan kelihangan penglihatan permanen.

Obat tetes mata dan salep dapat membantu melindungi kornea dan mencegah kerusakan sampai Anda menjalani operasi untuk memperbaiki entropion.

Persiapan Sebelum ke Dokter
Jika Anda memiliki tanda-tanda dan gejala entropion, Anda dapat menemui dokter perawatan primer Anda. Namun, Anda mungkin kemudian dirujuk ke dokter terlatih dalam mengobati gangguan mata (ophthalmologist).

Karena konsultasi berlangsung singkat, dan karena sering ada banyak hal yang akan dibicarakan, itu ide yang baik untuk mempersiapkannya. Berikut beberapa informasi untuk membantu Anda bersiap-siap, dan apa yang dapat diharapkan dari dokter Anda.

Apa yang dapat Anda lakukan?

  • Membuat daftar semua obat-obatan, vitamin atau suplemen yang Anda konsumsi.
  • Tuliskan gejala yang Anda alami, termasuk rincian tentang perubahan penglihatan Anda.
  • Tuliskan pertanyaan yang ingin ditanyakan kepada dokter Anda.

Waktu Anda dengan dokter terbatas, jadi mempersiapkan daftar pertanyaan akan membuat konsultasi Anda berjalan efektif. Buatlah daftar pertanyaan Anda dari yang paling penting hingga yang paling tidak penting untuk mengantisipasi habisnya waktu. Untuk entropion, beberapa pertanyaan dasar yang dapat ditanyakan kepada dokter Anda meliputi:

  • Apa penyebab paling mungkin dari gejala saya?
  • Apa jenis tes yang saya butuhkan? Apakah tes ini memerlukan persiapan khusus?
  • Apakah kondisi ini sementara atau tahan lama?
  • Dapatkah entropion merusak penglihatan saya?
  • Perawatan apa yang tersedia, dan yang Anda rekomendasikan?
  • Apa risiko dari operasi?
  • Apakah ada alternatif untuk operasi?
  • Apakah ada brosur atau bahan cetak lainnya yang dapat saya miliki? Situs apa yang Anda rekomendasikan untuk saya kunjungi?

Apa yang dapat diharapkan dari dokter Anda?
Dokter Anda mungkin akan menanyai Anda sejumlah pertanyaan. Kesiapan Anda untuk menjawabnya akan menghemat waktu sehingga Anda dapat mengajukan pertanyaan tambahan yang mungkin Anda miliki. Dokter Anda mungkin bertanya:

  • Ketika Anda pertama kali mulai mengalami gejala?
  • Apakah Anda memiliki kondisi medis yang kronis?
  • Apakah Anda pernah menjalani operasi mata sebelumnya?
  • Apakah Anda memiliki masalah mata lainnya, seperti infeksi mata?
  • Apakah Anda mengonsumsi pengencer darah?
  • Apakah Anda mengonsumsi aspirin?

Tes dan Diagnosis
Biasanya, entropion dapat didiagnosis dengan pemeriksaan mata rutin dan pemeriksaan fisik. Dokter Anda mungkin menarik kelopak mata Anda selama pemeriksaan, atau meminta Anda untuk berkedip atau menutup mata Anda secara paksa, untuk menilai posisi kelopak mata Anda pada mata, serta otot dan kerapatannya.

Jika entropion Anda disebabkan oleh jaringan parut, operasi sebelumnya atau kondisi lain, dokter Anda dapat memeriksa jaringan sekitarnya sekitar mata Anda, selain memeriksa kelopak mata Anda.

Dokter mengevaluasi penyebab dari kondisi Anda untuk menentukan pengobatan yang paling tepat atau teknik bedah untuk kondisi Anda.

Perawatan dan Obat-obatan
Meskipun perawatan tersedia untuk meredakan gejala dan melindungi mata Anda dari kerusakan, Anda mungkin akan memerlukan pembedahan untuk memperbaiki entropion.

Ketika peradangan aktif atau infeksi menyebabkan entropion (entropion spastik), kelopak mata Anda dapat kembali ke keselarasan normal seperti Anda memperlakukan mata meradang atau terinfeksi. Namun, entropion sering berlanjut setelah kondisi lainnya telah diobati.

Perawatan Sementara
Perbaikan jangka pendek dapat berguna jika Anda tidak dapat mentoleransi pembedahan atau Anda harus menundanya. Perawatan sementara yang efektif meliputi:

  • Pita kulit. Pita kulit transparan khusus dapat diterapkan pada kelopak mata Anda agar tidak berputar. Tempatkan salah satu ujung pita dekat bulu mata bawah Anda, kemudian tarik ke bawah dengan lembut dan menempelkan ujung pita untuk pipi bagian atas. Tanyakan kepada dokter Anda untuk menunjukkan teknik yang tepat dan penempatan pita.
  • Jahitan yang membuat kelopak mata ke luar. Prosedur ini dapat dilakukan di ruangan dokter Anda dengan anestesi lokal. Setelah mata mati rasa, dokter melakukan 2-3 jahitan di lokasi tertentu di sepanjang kelopak mata yang terkena.
    Jahitan membuat kelopak mata ke luar, dan mengakibatkan jaringan parut tetap dalam posisinya bahkan setelah jahitan dihapus. Ada kemungkinan besar bahwa kelopak mata Anda akan otomatis kembali ke dalam dalam beberapa bulan jahitan, bagaimanapun, ini bukanlah solusi jangka panjang.
  • OnabotulinumtoxinA (Botox). Sejumlah kecil onabotulinumtoxinA disuntikkan di kelopak mata bawah sehingga dapat mengubah kelopak mata keluar. Anda mungkin mendapatkan serangkaian suntikan yang memiliki efek yang dapat bertahan hingga enam bulan.

Operasi
Entropion biasanya membutuhkan pembedahan. Beberapa jenis operasi dapat digunakan untuk mengobati entropion. Teknik yang digunakan tergantung pada penyebab dan kondisi jaringan di sekitarnya. Sebelum operasi, Anda akan menerima anestesi lokal untuk mematikan kelopak mata Anda.

Jika entropion Anda disebabkan oleh otot dan relaksasi ligamen akibat penuaan, dokter bedah Anda mungkin akan menghapus sebagian kecil dari kelopak mata bawah Anda, yang berfungsi untuk mengencangkan tendon dan otot-otot kelopak mata. Anda akan memiliki beberapa jahitan di sudut luar mata Anda, atau tepat di bawah kelopak mata bawah Anda.

Jika Anda memiliki jaringan parut atau memiliki trauma atau operasi sebelumnya, dokter bedah Anda mungkin perlu menggunakan cangkok kulit, diambil dari langit-langit mulut atau dari daerah hidung, untuk memperbaiki entropion tersebut.

Gaya Hidup dan Pengobatan Rumah
Untuk meringankan gejala entropion sampai Anda memiliki operasi, Anda dapat mencoba:

  • Pelumas mata. Air mata buatan dan salep mata membantu melindungi kornea dan tetap dilumasi.
  • Pita kulit. Gunakan pita kulit di bawah mata Anda untuk menarik kelopak mata Anda ke bawah dan untuk sementara membuat kelopak bawah Anda ke luar.

Pencegahan
Umumnya, entropion tidak dapat dicegah.
Jika mata Anda menjadi merah dan iritasi setelah Anda mengunjungi daerah yang terkena infeksi trachoma, seperti Afrika Utara atau Asia Selatan, carilah pengobatan segera. Infeksi trachoma yang tidak diobati dapat menimbulkan bekas pada luka kelopak mata bagian dalam, sehingga menyebabkan entropion dan kehilangan penglihatan.