Etiologi Terjadinya Varikokel pada Pria

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Masalah infestilitas atau ketidaksuburan yang menyebabkan seseorang sulit atau tidak bisa memiliki keturunan tidak hanya terjadi pada wanita, akan tetapi dapat terjadi pula pada pria. Oleh karena itu setiap pasangan yang mengalami hal ini harus dilakukan pemeriksaan keduanya untuk memastikan individu yang memiliki masalah infertilitas. Kasus infertilitas yang terjadi pada pria mengalami peningkatan dimana sekitar 50% penyebab suatu pasangan infertil terjadi pada pria.

Seseorang yang mengalami masalah ketidaksuburan atau infertilitas apabila telah melakukan hubungan seksual secara teratur selama satu tahun atau lebih tanpa menggunakan alat kontrasepsi namun belum memiliki keturunan. Melakukan hubungan secara teratur yaitu dalam waktu 1 minggu melakukan hubungan seksual sebanyak dua sampai tiga kali.

Menurut data terkini menjelaskan bahwa di Indonesia telah terjadi sekitar 25% pasangan pasutri yang mengalami masalah infertilitas. Menurut dokter Ponco menjelaskan bahwa penyebab infertilitas yang dialami seorang pria sekitar 30% tidak diketahui penyebabnya. Dan yang telah diketahui penyebabnya yaitu varikokel 14,8%, rendahnya hormon 10,1%, tumor 7,8%, testiss turun 8,4%, sumbatan saluran sperma 2,2%, dan penyakit lain 2,2%.

Dari sekian banyak penyebab ketidaksuburan yang terjadi pada pria dalam artikel ini akan membahas mengenai penyebab terjadi infertilitas yang disebabkan oleh varikokel. Apa yang anda ketahui mengenai varikokel? Varikokel merupakan suatu kondisi yang menyerang kantong buah zakar atau skrotum yang mengalami pembengkakan pembuluh darah dibagian tersebut. Penyakit ini hampir serupa dengan kondisi varises yang terjadi di kaki dan tangan.

Pembengkakan yang terjadi secara bertahap akan berubah menjadi benjolan lunak di atas buah zakar dan memiliki ukuran yang bervariasi. Penyebab kondisi ini belum diketahui dengan pasti akan tetapi para ahli mempercayai bahwa varikokel disebabkan karena adanya kelainan yang terjadi di pembuluh vena yang mengakibatkan penumpukan darah dan pembengkakan pada skrotum.

Di dalam pembuluh darah vena terdapat katup-katup pembuluh yang bermanfaat sebagai pintu satu arah dimana pada saat darah menuju jantung maka katup akan terbuka dan akan mengalir secar lancar dan apabila katup menutup saat aliran darah berjalan menuju jantung secara lambat yang berfungsi untuk mencegah terjadinya aliran balik akibat gravitasi.

Dari kasus tersebut jika terjadi suatu masalah dimana katut tidak berfungsi dengan baik maka darah akan mengalir balik dan mengendap di dalam pembuluh darah vena, dalam kondisi yang lama maka akan mengakibatkan pembengkakan pada pembuluh darah tersebut. Berikut ini beberapa faktor resiko yang dapat mengakibatkan terjadinya varikokel, antara lain :

  1. Masa pubertas

Varikokel merupakan suatu kondisi yang dianggap jinak dan bukan kanker. pada umumnya kondisi ini terjadi selama masa pubertas diusia sekitarr 15-25 tahun.

  1. Tinggi dan berat badan

Menurut sebuah penelitian menjelaskan bahwa varikokel dapat dipengaruhi oleh tinggi dan berat badan dimana semakin tinggi seorang pria maka akan semakin tinggi pula resiko mengalami varikokel.

  1. Kebiasaan memakai celana ketat

Varikokel dapat beresiko pada pria yang memiliki kebiasaan menggunakan celana ketat yang mengakibatkan penekanan pada buah zakar dan menyebabkan aliran darah pada area tersebut. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here