Fakta dan Mitos Mengenai Ibu Hamil yang Periksa ke Dokter Gigi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Saat hamil, wanita cenderung mengalami perubahan bentuk tubuh termasuk pada bagian gigi mungkin mengalami beberapa keluhan yang sebelum hamil tidak dirasakan. Sehingga anda ingin pergi ke dokter agar memastikan apakah perubahan tersebut normal atau baik-baik saja.

Namun, niat pergi ke dokter gigi bisa saja gagal karena banyak orang yang mengatakan tidak boleh periksa ke dokter gigi saat hamil. Tak hanya itu, banyak sekali hal yang diperkirakan dapat membahayakan ibu hamil dan janinnya jika pergi ke dokter gigi. Lalu benarkah hal itu atau hanya sekedar mitos? Berikut penjelasan beberapa fakta dan mitos mengenai ibu hamil yang periksa ke dokter gigi:

  1. Perawatan gigi ibu hamil menunggu selesai masa kehamilan

Justru perawatan gigi saat hamil sangat diperlukan, jadi tidak harus menunggu masa kehamilan selesai. Perawatan gigi perlu karena dapat mengetahui gangguan yang terjadi dimana berdampak pada kesehatan ibu dan janinnya. Tetapi memang ada beberapa tindakan perawatan gigi yang harus ditunda sampai melahirkan.

  1. Bius membuat bayi cacat

Saat hamil mungkin anda butuh mencabut gigi dan orang pernah bilang jangan mencabut gigi saat hamil karena obat biusnya dapat membuat bayi cacat. Itu merupakan sebuah mitos karena faktanya tidak semua obat bius dapat membuat bayi cacat. Sebab bius yang digunakan dokter untuk mencabut gigi tidak setara dengan tindakan medis lain seperti operasi besar sehingga tidak berpengaruh pada keadaan janin anda, dengan kata lain obat bius tidak membuat bayi cacat.

  1. Aman pasang kawat gigi saat hamil

Untuk cabut gigi masih aman. Namun untuk pasang kawat gigi  sebaiknya di tunfa setelah anda melahirkan bayi anda sebab tindakan medis dental estetik seperti bleaching serta pemasangan kawat gigi tidak aman bagi ibu hamil. Jadi jika ada yang bilang aman pasang kawat gigi saat hamil itu mitos.

  1. Hanya beritahu dokter gigi tentang masalah gigi anda saja

Hal ini sebaiknya jangan dilakukan. Anda jujur saja kepada dokter gigi anda bahwa anda sedang hamil, sedang mengonsumsi obat atau vitamin apa saja, serta keluhan lain yang mungkin anda rasakan. Sehingga dokter dapat memberikan tindakan medis yang sesuai dengan keadaan anda.

  1. Penambalan, perawatan saluran akar dan pencabutan dapat dilakukan guna mencegah infeksi

Jika hal ini merupakan keadaan darurat maka boleh dilakuakan, namun sebaiknya dihindari jika tidak darurat khususnya saat hamil trimester pertama dan ketiga. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here