Fakta Menarik Tentang Anak Kidal

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Seseorang yang tangan kirinya lebih dominan dibandingkan tangan kanannya disebut kidal. Tidak banyak memang orang bertangan kidal. Oleh sebab itu, orang kidal sering dianggap unik.

Lantas, apakah kidal itu bawaan lahir? Apakah seorang anak kidal pasti otomatis tetap demikian bila ia dewasa kelak? Daripada penasaran, yuk kita simak fakta menarik tentang anak kidal! Berikut beberapa ulasannya:

  • Faktor keturunan

Seorang peneliti mengungkapkan penemuannya pada tahun 2007, bahwa anak kidal bisa disebabkan karena faktor keturunan. Kesimpulannya tersebut didasarkan pada penelitian terhadap pengidap disleksia yang memiliki gen kesimetrisan otak. Gen itu ternyata diturunkan dari pihak ayah. Tapi bukan berarti kidal merupakan suatu kelainan otak.

  • Tidak selalu anak kidal sejak lahir

Potensi kidal memang ditunjukkan anak sejak lahir. Namun ada juga anak yang kidal karena faktor tangan kanan yang kurang berfungsi dengan baik, misalnya otot tangan kanan lemah, sehingga tidak bisa digunakan dengan maksimal.

  • Pendengaran yang lebih baik

Indera pendengaran anak kidal dinilai lebih baik daripada pengguna tangan kanan dalam hal membedakan jenis suara. Berdasarkan presentasi Georgetown University Medical Center, anak kidal yang mengandalkan kerja otak kanan akan lebih cermat ketika membedakan jenis suara. Hal ini berbeda dari anak pengguna tangan kanan yang cenderung lebih dinamis dan cepar berubah sehingga tidak sensitif dalam membedakan jenis suara.

  • Plin-plan

Dari hasil tes perilaku yang diadakan di Skotlandia, didapati bahwa pengguna tangan kiri lebih pemalu. Mereka lebih takut membuat kesalahan dan menerima kritikan, sehingga membuat mereka bersikap ragu-ragu dalam mengambil keputusan.

  • Berpikir visual

Otak memiliki kabel silang yang berarti belahan kiri mengotrol sisi kanan tubuh dan sebaliknya Otak kiri mampu mengontrol kemampuan logika, matematika, dan sains. Sedangkan, otak kanan mengontrol musik, seni, kreativitas, emosi, dan kegeniusan. Hal ini menunjukkan anak kidal berpikir dengan mengedepankan visual.

  • Lebih sensitif

Pengguna tangan kiri memiliki mood yang mudah berubah-ubah dan lebih sensitif dari orangpada umumnya. Hal itu terjadi karena beberapa orang kidal tidak memiliki keseimbangan dalam memproses emosi di otak bagian kanan dan kiri mereka.

  • Lebih artistik

Hasil survei terhadap lebih dari dua ribu orang kidal menunjukkan bahwa sebagian besar mereka lebih berbakat dalam bidang seni dan artistik.

  • Lebih penakut

British Psychological Society melakukan penelitian terhadap beberapa orang kidal dan pengguna tangan kanan. Mereka diminta untuk menonton sebuah film horor yang menakutkan. Hasilnya, anak kidal mengingat dengan jelas setiap adegan menyeramkan dalam film dan cenderung mengalami trauma.

Ternyata, anak kidal memiliki banyak kelebihan yang dapat dikembangkan. Maka, orangtua dan guru diharapkan dapat memahami dan menerima keunikannya tersebut. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here