Fakta Tentang Menstruasi: Hal- hal yang Harus Dihindari saat Menstruasi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Menstruasi atau haid adalah siklus bulanan yang dialami setiap wanita. Hormon estrogen dan progesteron mempengaruhi perubahan fisiologis pada wanita. Siklus haid normalnya antara 28- 35 hari, namun ada beberapa wanita yang mengalami siklus haid yang tidak teratur.

Ada beberapa hal yang harus dihindari pada saat wanita sedang menstruasi. Beberapa di antaranya memiliki resiko yang cukup berbahaya jika tetap dilakukan. Berikut ini di antaranya hal yang tidak boleh dilakukan saat mestruasi:

  1. Berhubungan seksual

Ketika menstruasi, wanita tidak diperbolehkan untuk melakukan hubungan seks. Dunia medis mengatakan bahwa saat mens, organ reproduksi wanita sedang dalam kondisi tidak steril yang menyebabkan hubungan seks tidak aman. Hal ini disebabkan karena jaringan luar rahim mengalami pelepasan yang diikuti dengan pembuluh darah yang membuka di daerah tersebut.

Selain itu berhubungan seks saat menstruasi akan menyebabkan infeksi, karena bersama dengan darah, bisa dimungkinkan munculnya kuman.

Bahaya sudden death adalah hal yang paling fatal yang bisa dialami wanita yang berhubungan seksual saat menstruasi. Saat menstruasi, pembuluh darah terbuka dan hubungan seksual bisa membuat udara dari luar masuk ke jantung melalui pembuluh darah, hal ini bisa menyebabkan sudden death atau kematian pada wanita.

  1. Olah raga berat

Porsi olahraga berlebihan yang dilakukan saat menstruasi dikhawatirkan bisa membuat wanita mengalami pendarahan berat. Hal ini disebabkan karena pembuluh arteri terbuka saat wanita sedang menstruasi dapat menyebabkan perlukaan.

Selain itu, kondisi wanita yang lebih lemah saat menstruasi seperti pegal- pegal, nyeri perut dan mual akan lebih parah ketika ditambah dengan olahraga berat yang dilakukan.

Namun Anda masih bisa melakukan olahraga seperti berjalan santai. Jalan santai yang dilakukan di taman yang hijau dan asri akan membuat badan dan pikiran menjadi rileks.

  1. Minum soda dan minuman dingin

Sebaiknya ketika menstruasi, Anda mengurangi minum minuman bersoda dan air dingin atau es. Mengkonsumsi soda saat menstruasi bisa mempengaruhi keseimbangan hormon. Minuman dingin atau es akan menghambat keluarnya darah saat menstruasi. Hal ini menyebabkan menstruasi tidak berjalan dengan lancar.

  1. Makan dan minum yang mengandung kafein

Kafein dapat menyebabkan gangguan sirkulasi pada darah. Itu sebabnya kurangi minum dan makan yang mengandung kafein pada saat menstruasi.

Jika ada hal- hal yang harus dihindari saat menstruasi, sebaliknya ada juga beberapa hal yang dianjurkan bagi wanita yang sedang datang bulan di antaranya adalah memperbanyak asupan protein dan serat, banyak minum air putih, beristirahat yang cukup, terutama saat Anda merasakan keluhan seperti nyeri perut.

Demikian hal- hal yang harus dihindari dan dianjurkan saat Anda menstruasi. Dengan mengetahui hal- hal tersebut, diharapkan hari- hari Anda saat menstruasi selalu lancar dan tubuh Anda selalu sehat.(AYK)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY