Faktor faktor yang Mempengaruhi Obesitas pada Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Obesitas atau bisa diartikan dengan badan yang gemuk, yaitu merupakan suatu masalah yang membuat kalangan remaja menjadi tidak mampu untuk menerima dirinya dengan baik, hal ini biasanya dialami oleh remaja putri. Kegemukan ini menjadi suatu permasalahan yang cukup serius karena sebagian besar wanita ingin berpenampilan sempurna yang bisa diartikan dengan memiliki tubuh yang ramping atau langsing dan propesional manjadikan idaman para remaja wanita.

Akan tetapi bukan remaja putri saja yang memperhatikan berat badan tubuhnya, remaja pria pun sama ingin mempertahankan berat badan yang ideal dan tidak ingin tubuh mereka mengalami obesitas atau kegemukan karena ditakutkan untuk tidak dapat menarik perhatian lawan jenisnya. Nah ini adalah faktor-faktor yang menyebabkan obesitas pada remaja seperti :

  1. Gaya hidup sehari hari

Salah satu pemicu utama obesitas pada remaja adalah gaya hidup yang tidak sehat, dan tidak memperhatikan kesehatannya seperti saat makan diluar tidak memperhatikan kebersihannya dan tidak mempertimbangkan porsi makannya.serta dalam masalah istrahat anda yang memiliki pola tidur yang tidak baik.

  1. Pola makanan

Makanan salah satu hal yang tidak mungkin ditinggalkan oleh seseorang karena jika kita makan akan mendapatkan energi untuk menjalankan suatu aktifitas sehari-hari. Tetapi sering kali anda tidak dapat memperhatikan pola makan anda yang berlebihan dan sering mengkonsumsi makanan yang instan. Apa lagi seorang remaja sangat gemar sekali nongkrong dan makan makanan yang manis seperti coklat dll.

  1. Kurangnya aktifitas

Kebiasaan buruk ini sering terjadi pada siapa saja bukan saja remaja tetapi dewasapun dapat mengalaminya, tidak melakukan suatu aktifitas dan senang sekali untuk bermalas-malasan. Untuk mengurangi lemak tubuh dapat dilakukan dengan gerakan atau aktifitas dan dianjurkan untuk selalau melakukan aktifitas minimal 2 jam selama sehari.

  1. Faktor genetik

Faktor ini juga dapat menjadi pemicu munculnya obesitas hal ini karena faktor gen yang sam dengan keluarga contohnya orang tua anda meskipun bukan berarti seorang obesitas dari faktor genetik tidak dapat kurus meskipun dari faktor genetik anda gemuk tetapi sangat besar kemungkinan andapun dapat menurunkan berat badan anda.

  1. Pengaruh emosianal

Emosional seseorang sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh anda misalkan jika anda merasa depresi, dan memiliki pola makan yang bertembah. Nah biasanya mereka yang depresi melampiaskan pada makanan.

  1. Adanya kerusakan pada otak

Kerusakan pada otak anda dapat menyebabkan obesitas karena tahu kah anda didalam otak terdapat saraf yang dibagian Hipotalamus yang dapat megontrol emosi seseorang dimana HL sangat berperan dalam meningkatkan nafsu makan anda.

  1. Penggunaan obat

Penggunaan obat juga dapat berpengaruh timbulnya obesitas karena dalam sebuah obat ada juga efek yang dapat meningkatkan nafsu makan anda , misal obat yang sering ditemui pada alat kontrasepsi wanita yaitu pil KB , yang dapat membuat berat badan anda bertambah, dan untuk remaja biasanya obat yang mengandung curcuma yang menjadikan pola makan anda bertambah jadi bacalah atura pakai obat dan efek samping obat tersebut sebelum anda meminum suatu obat.

  1. Faktor lingkungan anda

Pada daerah tertentu menganggap jika remaja atau orang dewasa yanga mengalami berat badan yang selalu naik mereka beranggapan bahwa ia subur dan makmur, itu lah slaah satu persepsi seseorang didaerah tersebut.

  1. Kelebihan mengkonsumsi kalori

Yang terakhir adalah kelebihan kalori, makanan yang mempunyai kalori yang tinggi dapat memjadi pemicu terjadinya obesitas.

Itu lah beberapa pemicu terjadinya obesitas pada remaja yang mungkin dapat aanda lakukan da hindari hal-hal tersebut. (NLT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here