Faktor Pelecehan seksual di Kalangan Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Akhir-akhir ini publik diresahkan dengan adanya pelecehan seksual di kalangan remaja. Pelecehan seksual ini bisa terjadi dimana saja, seperti angkutan umum, halte, atau bahkan sekolah dan rumah mereka. Pelaku pelecehan seksual pun terkadang berasal dari orang terdekat. Pelecehan seksual ini biasanya dimulai dengan memberikan janji-janji kepada remaja yang akan menjadi korbannya.

Pelecehan seksual sendiri merupakan tindakan seksual baik fisik maupun non fisik yang diberikan pada bagian tubuh remaja yang menjadi korbannya. Pelecehan seksual adalah sebuah tindakan yang berdasarkan pada keinginan sepihak. Biasanya pelaku pelecehan seksual adalah mereka yang memiliki penyimpangan seksual atau pernah menjadi korban pelecehan seksual.

Berikut beberapa factor yang melatar belakangi pelecehan seksual yang marak dan meresahkan:

  • Hukuman ringan

Tidak bias dipungkiri bahwa hukum di Indonesia mengenai pelecehan seksual belum memadai. Hukuman yang ringan bagi pelaku pelecehan seksual membuat pelakunya tidak kapok untuk melakukannya kembali. Hukuman maksimal bagi pelaku pelecehan seksual adalah 15 tahun. Padahal dampak yang ditimbulkan bagi korban sangatlah berat.

  • Perkembangan teknologi

Berkembangnya teknologi dan informasi memudahkan siapa saja mengakses segala informasi dari intenet dan mesin pencarian. Bahkan bagi mereka yang sebenarnya belum cukup umur mengakses informasi tersebut. Peran serta orangtua dalam mengawasi anak sangat dibutuhkan dalam hal ini.

  • Salah presepsi

Selama ini baik korban maupun orangtuanya terkadang enggan melapor ke pihak berwajib dengan alasan malu atau tidak berani melapor, karena telah menerima ancaman. Padahal dengan adanya laporan, maka pelaku akan secepatya di tindak lanjut dan mendapat hukuman atas perbuatannya.

  • Penyimpangan seksual

Seseorang yang biasanya menjadi pelaku pelecehan seksual di kalangan remaja adalah mereka yang orientasi seksualnya menyimpang. Sebut saja pedofil. Penyimpangan seksual ini tidak hanya dialami oleh laki-laki tapi juga perempuan.

  • Pernah menjadi korban

Selain memiliki orientasi seksual yang menyimpang, pelaku pelecehan juga ada yang melakukan pelecehan seksual, karena pernah mengalami pelecehan serupa di usia dininya.

  • Lingkungan

Berada di lingkungan yang berkarakter buruk akan meningkatkan resiko pelecehan seksual. Tidak bias dipungkiri jika remaja masa kini lebih matang ketimbang umur mereka seharusnya. Tidak jarang kita menemukan remaja yang bermesraan bersama pasangan mereka padahal masih uasia dini dan masih harus sekolah. Ada pula beberapa remaja yang tertangkap tangan hamil di luar nika akibat seks bebas. (IKS)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY