Faktor Penyebab dan Resiko Terjadinya Penyakit Gondongan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penyakit gondongan adalah jenis penyakit yang mungkin sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat umum. Banyak yang beranggapan salah tentang penyakit ini, karena gejalanya hampir sama dengan penyakit lain yakni penyakit gondok. Keduanya jelas berbeda jika kita melihat dari segi tanda dan gejala lain selain adanya pembengkakan pada leher, selain itu penyebab dari penyakit gondongan juga amat berbeda dengan penyebab penyakit gondok.

Penyakit gondok lebih cenderung disebabkan karena pengaruh hormon di dalam tubuh yakni hormon tiroid, sedangkan penyakit gondongan disebabkan karena benda asing dari luar tubuh. Penyakit gondongan lebih dikenal dengan sebutan parotitis karena lokasi infeksi berada di daerah kelenjar parotis (kelenjar ludah).

Pemerintah Indonesia sendiri sebenarnya sudah berupaya untuk mencegah angka kejadian penyakit gondongan, yakni dengan mengadakan vaksin dalam bentuk kombinasi campak dan rubella, akan tetapi tidak menutup kemungkinan kejadian gondongan akan terus terjadi. Usia anak-anak menjadi prioritas dalam penularan penyakit gondongan. Maka dari itu, vaksin diberikan sejak usia kanak-kanak untuk mencegah kejadian penyakit gondongan lebih parah. Adapun beberapa faktor penyebab dan faktor resiko terjadinya penyakit gondongan di Indonesia, sebagai berikut:

  1. Faktor Penyebab Penyakit Gondongan

Gondongan merupakan penyakit yang disebabkan karena terinfeksinya virus bernama Paramyxovirus. Virus jenis ini menyebar seperti halnya virus flu biasa. Hanya saja cara penularannya yang harus kita ketahui agar bisa menjadi dasar pencegahan tertularnya penyakit gondongan.

Penyebaran virus Paramyxovirus yang paling utama adalah melalui droplet (udara) yang dapat ditransfer penderita melalui bersin atau batuk, muntahan serta terjadinya kontak langsung dengan penderita penyait gondongan juga dapat menular. Namun, hal ini dapat terjadi hanya jika penderita sebelumnya menyentuh area hidung atau mulut tanpa dibersihkan terlebih dahulu.

  1. Faktor Risiko Penyakit Gondongan

Faktor risiko yang memicu penyakit gondongan adalah mengonsumsi obat tertentu yang ditujukan untuk memberikan efek pada hormon kelenjar tiroid, akibatnya hromon tiroid mengalami penurunan jumlah dan bisa memicu tubuh untuk gondongan. Selain itu, kekurangan zat yodium di dalam tubuh juga dapat memicu penyakit gondongan. Sudah kita ketahui bersama bahwa garam yodium sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, diantaranya adalah untuk meningkatkan kesehatan kelenjar tiroid.

Faktor pemicu lain yang dapat menyebabkan penyakit gondongan adalah daya tahan tubuh yang lemah. Karena penyakit gondongan disebabkan oleh penularan suatu virus, maka daya tahan seseorang sangat mempengaruhi apakah bisa tertular dengan mudah atau tidak. Seseorang dengan kekebalan tubuh yang sedang menurun akan jauh lebih mudah untuk tertular penyakit gondongan dari orang-orang di sekitarnya. Maka dari itu, sangat disarankan untuk selalu menjaga agar daya tahan tubuh tetap dalam kondisi prima. (SPT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here