Faktor Penyebab Kanker Testis atau Organ Vital Pria

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kanker testis merupakan salah satu kanker yang paling jarang ditemukan jika dibandingkan dengan jenis kanker yang lain. Kanker jenis ini memiliki tingkat resiko tinggi pada pria usia 15 sampai 49 tahun. Kanker yang satu ini menyerang bagian vital seorang pria, yakni testis. Kanker ini bisa terjadi, karena adanya sel yang tumbuh abnormal di bagian terstis tersebut.

Testis sendiri merupakan organ vital seorang pria yang berbentuk oval, letak testis berada dalam skrotum. Testis merupakan bagian penting bagi sistem reproduksi seorang pria, sebab organ inilah yang menghasilkan hormon tosteron dan juga sperma yang nantinya akan membuahi sel telur.

Pada umumnya, seseorang yang telah mengalami kanker testis maka akan menyebar ke bagian kelenjar getah bening yang berfungsi menjaga daya tahan tubuh. Proses penyebaran ini dikenal dengan istilah mestatis. Selain menyebar ke kelenjar getah bening, kanker ini juga akan menyebat ke paru-paru, perut, atau bahkan ke abdomen. Pada beberapa penderita, kanker ini juga akan menyerang hati, otak dan tulang. Jika mestatis telah terjadi, maka akan timbul beberapa gelaja sebagai berikut:

  • Mengalami sesak napas
  • Batuk yang berlangsung lama dan mengeluarkan darah
  • Terdapat benjolan di bagian leher
  • Terdapat pembengkakan di bagian dada
  • Nyeri di bagian bawah punggung atau sekitar pinggul

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami kanker testis. Berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan kanker testis:

  • Garis keturunan. Seseorang yang memiliki garis keturunan seperti ayah atau saudara laki-laki penderita kanker testis memiliki resiko tinggi untuk menderita kanker testis juga.
  • Ras. Ras juga merupakan salah satu faktor yang meningkatkan resiko yang menyebabkan kanker testis. Kanker testis lebih banyak diderita oleh orang dengan ras kulit putih daripada ras kult hitam.
  • Penderita HIV AIDS. Penderita HIV AIDS memiliki sistem kekebalan tubuh yang rentan terkena penyakit, karena daya tahan tubuhnya rendah. Tidak terkecuali kanker testis. Penderita HIV AIDS memiliki resiko terserang kanker testis.
  • Rokok. Efek buruk dari rokok memang sudah tidak diragukan lagi. Zat-zat berbahaya dalam rokok menyerang banyak organ penting dalam tubuh manusia, termasuk testis. Perokok aktif memiliki resiko dua kali lebih tinggi untu menderita kanker testis.
  • Usia. Setelah garis keturunan, usia juga menjadi salah satu faktor yang tidak bisa dihindari. Pria berusia 15 sampai 49 tahun memiliki resiko tinggi menderita kanker testis. Meski tidak menutup kemungkinan, kanker ini juga bisa menyerang pria usia berapa pun. (IKS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here