Faktor Penyebab Kerusakan Rambut pada Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kerusakan rambut kerap dialami banyak orang, tidak terkecuali para remaja. Kerusakan rambut akan mencapai pada titik terberat apabila telah terjadi kebotakan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan kerusakan rambut pada remaja.

Faktor penyebab kerusakan rambut akibat ketidakseimbangan hormon

Salah satu faktor penyebab kerusakan pada rambut remaja adalah ketidakseimbangan hormon yang terjadi di dalam tubuh. Kondisi tersebut sering dialami oleh remaja putri, misalnya saja pada ketika mengalami menstruasi atau bergonta-ganti sampo. Faktor ketidakseimbangan hormon tiroid pada tubuh juga dapat berpengaruh pada kerontokan atau kebotakan rambut.

Faktor penyebab kerusakan rambut akibat menderita penyakit tertentu

Bagi beberapa remaja, penyakit tertentu rupanya dapat menjadi faktor penyebab kerusakan rambut. Salah satu penyakit yang dapat menyebabkan rambut menjadi rusak adalah penyakit tifus. Alhasil jangan menganggap remeh penyakit tifus.

Pada beberapa kasus pernah terjadi kondisi rambut yang rusak hingga rontok parah, akibat penyakit tifus. Selain kondisi tubuh, perawatan rambut setelah sembuh dari penyakit tifus juga harus diperhatikan. Guna menjaga asupan nutrisi, seseorang dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran pada masa penyembuhan.

Faktor penyebab kerusakan rambut akibat sedang menjalani proses pengobatan

Faktor lain yang dapat menyebabkan kerusakan rambut pada remaja adalah sedang menjalani proses pengobatan tertentu seperti kemoterapi. Proses kemoterapi biasanya dilakukan guna mengatasi penyakit kanker.

Hanya saja sinar radiasi yang muncul dari proses kemoterapi sangat keras, sehingga dapat merusak rambut. Akibatnya seringkali rambut menjadi rontok hebat atau mengalami kebotakan selama menjalani proses kemoterapi.

Faktor penyebab kerusakan rambut akibat efek psikologis

Rupanya kondisi psikologis remaja juga berpengaruh pada tingkat kesehatan rambut. Paling sederhana adalah tekanan psikologis yang muncul dari lingkungan sekolah atau lingkungan bermain. Tekanan psikologis yang terjadi dapat mempengaruhi tubuh, sehingga menyebabkan stress.

Kondisi stress itulah yang akhirnya mengakibatkan kerusakan atau kebotakan pada rambut remaja. Alhasil remaja harus lebih bijak dalam menghadapi segala hal yang menjadi kewajiban di sekolah atau lingkungan bermain.

Faktor penyebab kerusakan rambut akibat kekurangan nutrisi di dalam tubuh

Kerusakan pada rambut di usia muda berikutnya akibat tidak menjaga asupan nutrisi yang baik untuk tubuh. Banyak mengkonsumsi jenis makanan cepat saji, menjadi pilihan bagi para remaja. Belum lagi jenis makanan lainnya, yang tidak memenuhi kebutuhan gizi.

Rambut seperti halnya bagian tubuh lain yang memerlukan nutrisi untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Rambut juga membutuhkan nutrisi yang cukup untuk dapat mempertahankan kesehatan secara alami, sekaligus membuatnya tumbuh lebih panjang. Seseorang harus membiasakan diri untuk mengkonsumsi banyak sayuran dan makanan bergizi, guna menjaga kesehatan tubuh termasuk rambut. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here